20+ Contoh Teks Eksemplum Persahabatan, Pendidikan dan Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum yaitu adalah suatu teks cerita yang menyampaikan cerita terkait perilaku satu tokoh dari cerita tersebut. Teks eksemplum ini umumnya diawali dengan adanya pengenalan diri si tokoh seperti apa wataknya, bagai mana kehidupan kesehariannya, status dan sebagainya keterangan mengenai dirinya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan mengenai aktivitas apa saja atau hal apa saja yang dilakukan si tokoh atau dilalui oleh tokoh pada cerita tersebut.
teks eksemplum ini dapat dikategorikan kedalam karya sastra yang berisikan penjelasan mengenai pengalaman hidup seseorang. Diawali dari suatu peristiwa yang dilalui oleh si tokoh dalam cerita dan setelah itu dari peristiwa tersebut dapat diambil hikmah dan kesimpulannya. Tujuan dari teks eksemplum cerita ini yaitu supaya para  pembaca nantinya tidak melakuka perbuatan kesalahan yang sama seperti yang di alami si tokoh untuk kemudian harinya.


Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum juga memiliki ciri-ciri, setelah mengetahui pengertian dari teks eksemplum cerita dan bagaimana rangkaian secara garis bensarnya. Pembahasan kali ini yaitu mengenai ciri-ciri dari teks eksemplum yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.
1. Teks eksemplum berisikan cerita atau sebuah peristiwa pahit atau yang tidak diinginkan oleh si tokoh dalam cerita tersebut.
2. Teks eksemplum buasanya memiliki nuansa naratif.
3. Biasanya mengisahkan atau menceritakan mengenai pengalaman pribadi seseorang baik itu baik maupun buruk.
4. Pada teks eksemplum cerita biasanya akan terjadi perubahan perilaku pada si tokoh agar tidak melakukan perbuatan buruk yang sama seperti sebelumnya.
5. Teks eksemplum memberikan urutan peristiwa dan kejadian secara rinci dan jelas.

Struktur Teks Eksemplum yang Baik

Berikut ini adalah penjelasan atau deskripsi dari struktur teks eksemplum yang baik dan benar:
1. Struktur Abstraksi, abstraksi merupakan inti dari sebuah peristiwa karena struktur ini berfungsi sebagai pengantar yang berfungsi untuk menggambarkan peristiwa secara keseluruhan yang akan terjadi nantinya.
2. Struktur Orientasi, Struktur ini merupakan bagian awalan dari sebuah teks eksemplum, biasanya bagian orientasi ini menjelaskan mengenai sifat atau watak si tokoh dan pengenalan lainnya. Pada bagian ini menjelaskan seperti apa si tokoh ini apakah jahat atau baik.
3. Insiden, struktur ini merupakan bagian yang mendeskripsikan kejadian-kejadian yang akan dialami oleh si tokoh. Umumnya pada teks eksemplum ini tokoh akan mendapati sebuah persoalan atau permasalahan.
4. Interpretasi, Struktur yang satu ini merupakan bagian yang mendeskripsikan mengenai evaluasi yang perlu dilakukan dari cerita tersebut, pesan moral, serta akibat seperti apa yang ditimbulkan karena perbuatan tokoh didalam cerita tersebut. Struktur interpretasi hampir mirip dengan koda yang merupakan salah satu struktur teks anekdot.
5. Koda, merupakan struktur yang berfungsi sebagai penutup dalam cerita teks eksemplum tersebut.



Karakteristik Teks Eksemplum yang Benar

Teks eksemplum juga memiliki karakteristiknya, namun seperti apakah contoh karakteristik teks eksemplum yang benar? Setelah mengetahui berbagai macam struktur susunan teks eksemplum yang baik. Kali ini kita akan membahas seperti apa sih.. karakteristik dari teks eksemplum yang biasa kita buat? Beriktu karakteristik dari teks eksemplum tersebut.
1. Menceritakan suatu peristiwa ataupun kejadian yang jarang terjadi atau langkan.
2. Cerita tersebut akan berujung pada penyesalan tokoh terhadap apapun yang dilakukannya pada cerita tersebut.
3. Teks eksemplur menghadirkan diri si penulis teks kedalam koda dan interpretasi.
4. Mengandung suatu nilai-nilai yang disarankan oleh peristiwa si tokoh tersebut.



unsur kebahasaan dalam teks eksemplum:
  • menggunakan kalimat kompleks
  • terdapat kata / kalimat rujukan
  • terdapat kata penghubung
  • menggunakan kata kerja



Kumpulan contoh teks eksemplum panjang dan singkat dan strukturnya

Berikut beberapa contoh dari teks eksemplum beserta strukturnya:
  1. Contoh teks eksemplum singkat

orientasi
waktu itu cuaca sangat panas dan membuatku ingin membuat es teh. Lalu akhirnya aku keluar dari kamar yang berada di lantai 2 menuju lantai 2. Di lantai 1 aku akhirnya membuat es teh. Aku berpikir membawanya ke atas sembari duduk menonton film di laptopku.
Insiden
Aku pun terburu-buru membawa segelas es teh segar menuju kamarku. Namun karena tidak hati- hati aku terpeleset dan akhirnya segelas es teh tadi jatuh dan gelasnya pecah.
Interpretasi
Berdasarkan cerita di atas, dapat diambil kesimpulan bawah ketika membawa gelas berisi minuman kita tidak boleh tergesa- gesa dalam membawanya.

  1. Contoh teks eksemplum tentang persahabatan singkat

Contoh teks eksemplum tentang persahabatan
hl gibson, author
orientasi
Andi adalah seorang anak SD yang setiap hari berjualan kue di sekolahnya demi mengumpulkan uang untuk biaya sekolahnya. Hal itu ia lakukan karena orangtuanya tidak mampu membiayai sekolahnya. Suatu hari tanggal 1 bulan Mei, Andi tidak masuk sekolah.

insiden
bukan hanya tanggal 1, Andi sudah tidak masuk sekolah selama seminggu. Teman-temannya pun datang ke rumahnya dan dari ibunya mereka tahu bahwa kini Andi jualan kue di terminal. Ia melakukannya karena selama bulan April di sekolah, uangnya belum cukup terkumpul untuk membiayai SPP bulan Mei. Mengetahui itu, teman – temnnya pun datang ke terminal mencari Andi dan membeli semua kuenya. Mereka melakukan hal itu selama 3 hari dan esok harinya Andy kembali masuk sekolah.
interpretasi
dari teks diatas, kita dapat ambil kesimpulan bahwa persahabatan sangatlah indah. Di dalam persahabatan, kita dapat saling membantu.


  1. Contoh teks eksemplum tentang liburan singkat

Contoh teks eksemplum tentang liburan
Zebra Stationery Products
orientasi
hari Minggu kemarin, aku setuju ikut teman – temanku untuk mendaki ke puncak. Malam sebelum berangkat hatiku sangat senang membayangkan mendaki bersama teman – teman masa kecilku. Karena kebanyakan mengkhayal dan akhirnya tertidur larut, di hari Minggunya aku bangun kesiangan
Insiden
Karena terlambat bangun buru memasukkan apa saja yang menurutku aku butuhkan nanti untuk bekalku. Namun karena aku tidak memikirkan baik-baik apa saja yang harus aku persiapkan, akhirnya aku lupa tidak membawa air minum. Selama mendaki aku tidak meminum air sama sekali, aku sangat haus waktu itu.
Interpretasi
Pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita diatas adalah kita harus mempersiapkan baik – baik apa saja yang harus kita bawa sebelum berangkat berlibur.


Baca Juga:

20+ Contoh Surat Pribadi Singkat & Panjang untuk Sahabat, Guru , kakak, orang tua, Bahasa Inggris Lengkap



  1. Contoh teks eksemplum cerita rakyat panjang beserta strukturnya pa


Orientasi :
Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penagkap ikan. Tetapi hasilnya melimpah-ruah. Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki 7 orang anak dan seorang suami.

Insiden :
Pada suatu malam, Putri Tangguk dan suaminya sedang berbincang tentang masa depan keluarganya. Ketika itu, ketujuh anak mereka sudah tidur. “Wahai kakanda”, kata Putri Tangguk kepada sang suami sambil menghela nafas panjang. “kita telah bekerja terus-menerus dan tidak henti-henti menuai padi. Hamba merasa sangat lelah. Anak-anak kita pun tidak terurus lagi. Lihat anak-anak kita yang tidak pernah lagi berdandan”. “Ya” Jawab suaminya. “Kalau itu keinginan dinda, kanda tidak akan berhuma lagi karena ketujuh lumbung padi sudah penuh”. Hujan yang turun pada malam itu sangat lebat membuat suasana tempat tinggal Putri Tangguk semakin sunyi.
Keesokan harinya, pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat putri Tangguk dan suaminya yang pergi ke sawah untuk menuai padi. Pekerjaan itu biasa mereka lakukan setiap pagi demi memenuhi kebutuhan mereka. Namun ditengah jalan putri tangguh berkata, “Hari ini kita tidak perlu lama bekerja. Padi yang tertuai kita tumpahkan di jalan ini sebagai pengganti pasir. Besok kita masih dapat menuai padi”. Maka mereka pulang lebih cepat.
Pada suatu malam Anak Putri Tangguk terbangun dan menangis meminta nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil nasi. Ketika tutup priuk dibukaia terkejut karena tidak nasi di dalamnya. Kemudian, ia berjalan menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras & padi. tetapi lumbung itu kosong.
Kesedihanya semakin bertambah ketika mendengar tangisan anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin kesombonganya dengan membuang buang padi.
Interpretasi :
Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur-hamburkan kekayaanya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada mulanya sangat kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhanya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang telah diberikan tuhan kepedanya.


  1. Contoh teks eksemplum singkat pendidikan panjang

Contoh teks eksemplum singkat pendidikan

Orientasi :
Aku merupakan seorang mahasiswa yang sedang pulang kuliah. Setelah pulang aku segera ingin segera membeli mie ayam untuk makan siang. Sesampainya disana aku bertemu dengan kakakku yang juga sedang membeli mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku langsung membuka mie ayam itu lalu memakannya. Tapi aku menunggu sampai mie itu dingin terlebih dahulu.

Inisden :
Melihat kakakku yang lahap makan membuatku tidak sabar untuk segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya aku tergoda untuk segera membuka mie ayam tadi walaupun masih dalam keadaan yang panas. Namun plastik yang aku gigit terbuka lebar dan mie ayam tadi tumpah keluar dari mangkok. Mie ayam itu juga membuat celanaku menjadi basah. Aku malu dan Kakakku berpesan bahwa aku harus sabar dan hati hati. Akhinya aku tidak makan siang.

Interpretasi :
Cerita ini menjelaskan bahwa kita harus berhati hati dan sabar sebelum mengambil sebuah keputusan. Kemudian kita juga harus memperhitungkan akibat yang akan ditimbulkan nanti.



  1. Contoh teks eksemplum peristiwa alam singkat

Contoh teks eksemplum peristiwa alam
Bit O Java

Orientasi
Indi membuang plastik eskrim di sungai yang ia lewati. Melihat hal itu, Dony mengingatkan Indi bahwa membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan banjir, tetapi Indi tidak menggubris karena ia pun melihat sudah banyak genangan sampai di sungai itu.

Insiden
Pagi hari setelahnya, tiba-tiba datang air bah dari sungai tersebut. seluruh rumah di desa itu terkena guyuran air bah, termasuk rumah Indi.

Interpretasi
Cerita diatas mengingatkan pembaca untuk tidak membuang sampah sembarangan.


  1. Contoh teks eksemplum tentang pengalaman pribadi singkat

Contoh teks eksemplum tentang pengalaman pribadi

Orientasi
saya termasuk murid yang selalu merasa kesulitan mengerjakan soal matematika, namun ibuku tidak menyerah untuk mengajariku.

Insiden
Suatu hari, guru memberiku PR matematika dan aku membecinya. Sesampainya di rumah, aku memohon agar ibu saja yang mengerjakan PRku. Tapi ibu menolak, ia tetap mengajariku sampai aku benar- benar paham.

Interpretasi
Cerita diatas menunjukkan kita bisa menghadapi masalah sesusah apapun masalah itu jika berusaha. 
 
 

8. Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

contoh teks eksemplum singkat beserta struktur
teks eksemplum tentang pengalaman visualnews.com
Burung Pipit yang Sombong
Orientasi Cerita:
Alkisah pada suatu hari disebuah hutan yang sangat lebat, tinggallah sekelompok burung pipit yang senang bernyanyi. Salah satu burung dari kelompok tersebut bernama Lia. Lia juga termasuk yang tinggal di dalam hutan belantara tersebut bersama hewan-hewan lainnya.

Lia dikenal sebagai seekor burung yang sangat sombong karena hidupnya yang hanya suka menyendiri tidak mau berbaur dengan hewan-hewan lainnya. Lia selalu merasa bahwasannya dia merupakan hewan paling benar dan paling mampu menyelesaikan suatu persoalan permasalahan.

Insiden Cerita:
Suatu hari, sekelompok burung pipit sedang membuat sebuah sarang yang dibentuk dari tumpukan jerami. Dengan sabar dan tekun mereka membuat sarang tersebut agar tampak rapih dan kokoh. Namun lain halnya dengan si burung pipit Lia, ia dengan kesombongan dan keangkuhannya membuat sarang sendiri dengan bahan potongan kertas berwarna-warni. Dia berpikir bahwa jika memakai kertas akan jauh terlihat lebih indah dan menarik dibandingkan srang burung pipit lainnya yang hanya terlihat seperti onggokan sampah.
Lia juga tidak mempedulikan bagaimana dan seperti apa struktur bangunan yang dibuatnya, ia tidak peduli dengan kokohnya sarang yang akan dia buat, yang terpenting baginya adalah terlihat indah dan menarik dibandingkan sarang burung pipit lainnya. Disamping Lia juga ada burung pipit yang juga tinggal didekatnya sedang membuat sarang, dengan bahan tumpukan dari jerami. Burung pipit itu bernama Rina. Rina didkenal banyak hewan lainnya sebagai sosok burung pipit yang dermawan dan juga baik hati.
Sifat Rina dan Lia sangat berbanding terbalik. Lia yang tinggal disamping Rina mengejeknya karena sarang yang dibuatnya terlihat begitu usang dan tidak menarik, “Hey Rina sunggung jeleknya wara sarang yang kamu buat itu, sarang mu terlihat begitu usang dan tidak menarik”. Kata si Lia kepada Rina.

Lanjutan Cara Membuat Teks Eksemplum

Rina hanya diam dan tidak menjawab ocehan dari burung pipit Lia, ia hanya terus membangun dan mekokohkan sarangnya sendiri. Lia yang sudah merasa begitu hebat karena sarang yang dibuatnya meneruskan kerjaannya membuat sarang warna-warninya.
Kemudian Rina pun berkata” Hei Lia sebaiknya kamu lebih memilih menggunakan bahan sarangmu dari tumpukan jerami, agar lebih kokoh!”. Namun Lia hanya tetap meneruskan pembuatan sarangnya dengan keangkuhan yang ia punya.
Selang beberapa jam kemudian Semua kelompok burung pipit baik Lia maupun Rina telah selesai membuat sarangnya masing-masing. Dan kemudian turunlah hujan yang cukup deras, semua burung pipit pun masuk kedalam sarang mereka masing-masing untuk berlindung. Namun tidak bagi Lia, karena sarang yang ia gunakan terbuat dari kertas yang malah sebaliknya bukan melindunginya dari hujan malah menjadikan tubuhnya basah.
Lia pun panik dan tubuhnya menjadi basah kuyup semua sebab hujan yang begitu deras tersebut. Kemudia datanglah Rina dengan kedermawanannya, ia menawarkan Lia untuk ikut berlindung diri ke rumahnya. Akhirnya, Lia pun menyesal atas perbuatan yang sudah dilakukannya.
Ia menyesal karena membuat sarang dengan memakai kertas warna-warni tersebut. Ia juga turut menyesali dirinya sebab telah menjadi seekor burung pipit yang angkuh dan sombong. Sejak saat itu La mulai mengikuti saran dari Rina, yaitu membuat sarang dari tumpukan jerami.

Interpretasi Cerita:
Semenjak kejadian tersebut, Lia mengalami perubahan sikap dan perilakunya. Ia berjanji untuk tidak lagi angkuh dan sombong kepada hewan-hewan lain dan juga kelompok burung pipit lainnya. Lia jiga menyadari bahwasannya suatu kesederhanaan itu amatlah penting dibandingkan suatu kemewahan jika hanya hidup menyendiri dan menyombongkan diri. Sebab kita merupakan makhluk sosial.

9.Contoh Teks Eksemplum Singkat

contoh teks eksemplum singkat beserta struktur
struktur dan ciri-ciri teks eksemplum fm.cnbc.com
Operasi Zebra
Orientasi Cerita:
Suatu peristiwa yang membuat saya tersadarkan akan pentingnya untuk menaati peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Hampir tiap bulannya saya meluangkan waktu untuk pulang ke Demak, Mengingat sebab disanalah tempat kelahiran saya. Saat ini saya sedang tinggal di Semarang, tepatnya menyewa kos-kosan.
Saya sekarang kuliah di UNDIP, jaran dari kosan saya dari kampus cukup jauh, untuk itu saya meutuskan dengan pindah kos disekitar kampus tersebut. Saya tinggal bersama adik saya yang saat itu juga bersekolah di salah satu SMA favorit di Semarang.
Saat itu saya hendak berangkat dari kosan ke kampus mulai pukul 08:00 pagi, lalu perkiraan akan kembali ke Semarang seminggi setelah itu. Saya pulang dengan sepeda motor.

Insiden Cerita:
Saat di Perjalanan saya merasa sangat ngantuk, sebab seharian kemaren saa tidak tidur sama sekali dikarenakan tugas-tugas dari dosen yang begitu banya dan harus diselesaikan secepatnya. Dengan kondisi mengantuk tersebut saya tetap memaksakan diri untuk mengendara, namun saya menjadi tidak fokus dalam mengendarai sepeda motor tersebut.
Agar mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, saya kemudain menyuruh adik saya untuk menggantikan saya berkendara. Namun adik saya belum bisa menggunakan sepeda motor, ditambah ia masih belum memiliki SIM karena masih berumur 16 tahun.

10. Teks Eksemplum Cerita Operasi Zebra

Saya sempat berpesan kepada adik saya agar tidak mengebut saat berkendara dan tidak melanggar rambu lalu lintas. Jika ada operasi sebra tidak apa berhenti sejenak dan tidak perlu panik untuk itu. Setelah setengah perjalanan berlali, saya lihat tidak ada satupun operasi zebra yang terlihat , lalu adik saya terlihat begitu santai dan menikmati perjalanannya.
Lalu saya pun memutuskan untuk beristirahat untuk menghilangkan ngantuk. Selang tak begitu lama berlalu, terdengar suara dan tiba-tiba motor yang kami kendarai oleng dan tidak stabil akhirnya terjatuh. ” Kenapa bisa terjatuh sih?” saya bertanya pada adik saya ” tadi didepan ada operasi zebra, saya jadi panik akhirnya saya langsung mendadak belok ke kiri, eh ternyata ada selokan.” jawabannya. ” Kan sudah dikatakan tidak perlu panik”.
Interpretasi Cerita:
Akibatnya motor kami rusak sebab masuk selokan tersebut, untuknya ad warga setempat yang mau membantu kamu mengeluarkan motor tersebut setelah terjatuh keselokan. Dari kejadian tersebut, saya menyadari bahwa begitu penting untuk menaati peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. Terima kasih tuhan, engkau masih berikan keselamatan kepada kami.


11. Contoh Teks Eksemplum yang Baik dan Benar

contoh teks eksemplum singkat beserta struktur
contoh teks eksemplum yang benar paperchipmunk.com
Di sebuah kota, hiduplah suatu keluarga yang terdiri dari seorang anak yang bernama Lestari. Kehidupa keluarga tersebut selalu susah karena terkendala ekonomi dan hutang yang terus menumpuk. Namun kedua orangtua Lestari tetap sabar dan bersyukur atas cobaan yang ditimpakan kepada mereka.
Suatu hari, sang bapak akhirnya dipecat dari kerja kantornya. Sebab ia tidak sengaja merusak sebuah mesin printer milik kantor tersebut. Akhirnya sang bapak tersebut pulang dengan wajah yang lesu, ia menceritakan hal ini kepada istrinya.
“Bu, bapak dipecat dari kantor, karena tidak sengaja merusak sarana kantor.” kata si Bapak.
“yang sabar pak, mungin ini sudah jadi takdir bagi keluarga kita.” Jawab isrinya tersebut.
“Sekarang bapak jadi pusing mau cari kerja dimana lagi. Mencari kerja saat ini sangatlah sulit.” kata si bapak dengan wajah muramnya.
“Tidak usah diperdalam pak. Sekarang ayok kita makan dulu saja” Seru isrinya mengajar untuk makan siang.
tiba-tiba Lestari datang menghampiri kedua orang tuanya tersebut dengan wajah bersedih. Sepulang sekolah ia selalu terpikir nilai rapor yang diberikan gurunya yang begitu buruk. Lestari sangat takut jika nantinya orang tuanya marah kepadanya.
Bukannya kena marah Lestari malah mendapati wajah kedua orang tuanya yang sedang bersedih. Sejak kejadian tersebut Lesari langsung giat untuk belajar agar dapat meraih cita-cita dan sukses nantinya untuk membantu orang tuanya.

Lanjutan Cerita Teks Eksemplum

Sejak saat itu, Bapaknya juga menjadi sakit-sakitan karena terus memikirkan pekerjaan yang tidak juga didapatkannya.
Suatu hari, Lestari sedang melaksanakan ujian naik kelas. Untuk meraih nilai yang memuaskan, Lestari bela-bela belajar giat dan bersungguh-sungguh di jauh hari. Setelah melewati berbagai test ujian, akhirnya ia berhasil dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Tak disangka ia menjadi murid dengan nilai terbaik dari semua teman yang ada. Perasaan gembira tersbut ingin ia berikan kepada kedua orang tuanya, dengan perasaan senang ia langsung bergegas menuju rumahnya.
Namun rasa bahagia ia langsung lenyap seketika, karena ia melihat jasad ayah yang dicintainya terbujur kaku dirumahnya. Ia melihat ibunya yang sedang menangis karena melihat mayat ayahnya yang sudah tak lagi bernyawa.
Lestaripun langsung menangis sejadi-jadinya, betapa sedihnya Lestari ketika ia sebelumnya merasakan kebahagiaan yang tak ternilai, sebab nilai rapornya yang sangat tinggi, malah hangus seketika ketika ayahnya lebih dulu meningal.
Ia menyadari bahwa kematian akan datang secara tiba-tiba, tak peduli siapa pun orangnya. Ia juga sadar bahwasannya untuk dapat membahagiakan kedua orang tua, tidak hanya dengan menggunakan nilai semata. Namun masih begitu banyak cara-cara lain untuk dpat membahagiakan hati kedua orang tua kita.

12. Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman

contoh teks eksemplum singkat beserta struktur
contoh teks eksemplum yang baik mir-s3-cdn-cf.behance.net
Pada suatu hari ada seorang anak yang bernama Fulan, ia sangat gemar menghabiskan dan memboroskan uang jajan yang ia punya. Sebab ia merasa ia merupakan orang yang kaya raya, ayahnya bekerja disebuah perusahaan besar.
Ketika ia beranjak remaja, perilaku boros jajan Fulan semakin bertambah parah, ditambah ia juga pacaran sehingga biaya anggaran pemborosannya juga bertambah. Ia tetap saja menghamburkan uang yang iapunya tanpa melihat usaha dan jerih payah sang ayah untuk mencari nafkah.
Suatu ketika, Ayahnya langsung jatuh bangkrut karena kegagalan pada bisnisnya sehingga keadaan keluarganya jauh dari kata kaya, malahan serba kekurangan dan tidak memiliki apa-apa.
Fulan yang begitu tertekan dan frustasi karena tidak terbiasa dengan kehidupan yang begitu menderita tersebut, akhirnya lebih memilih untuk bunuh diri/
Hendaknya kita sebagai orang yang berakhlak dan berilmu mempunyai suatu sikap yang baik dan menghemat agar dapat menabung sebagian dari uang yang kita punya. Sehingga jika nantinya ada sebuah masalah terkait ekonomi, tabungan bisa menjadi penambal utamanya.
Demikianlah penjelasan singkat terkait pengertian teks eksemplum yang baik dan benar, struktur teks eksemplum, ciri-ciri teks eksemplum yang baik, dan contoh teks eksemplum singkat beserta struktur tentang cerita rakyat dan pengalaman pribadi, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan dapat dijadikan referensi.

13. Contoh Teks Eksemplum Kisah Burung Sombong

Orientasi :
Dikisahkan di suatu hutan belantara hiduplah sekelompok burung pipit. Salah satu burung pipit itu bernama Dira. Dira juga tinggal bersama para binatang lainnya. Ia dikenal sebagai seekor burung yang besar kepala dan cenderung menyenangi hidup menyendiri karena Dira senantiasa merasa bahwa dirinya saja yang paling benar dan cakap.

Insiden :
Suatu saat, sekelompok burung pipit hal yang demikian sedang membikin sarang dari tumpukan jerami. Dengan sabarnya mereka membikin sarangnya supaya tampak kokoh dan rapih. Namun lain halnya dengan Dira, dia dengan arogannya membikin sarang dari potongan kertas warna-warni. Dira menganggap seandainya menggunakan kertas akan jauh lebih menarik diperbandingkan sarang burung pipit lainnya.
Dira juga tidak melihat kekokohan dari sarang yang dia buat. Disamping Dira juga ada burung pipit lain yang juga sedang membikin sarang dari tumpukan jerami. Burung pipit itu bernama beti. Beti dikenal sebagai seekor burung pipit yang memiliki sifat gemar memberi dan rendah hati.
Jadi, sifatnya sangat berbanding terbalik dengan sifat Dira. Lalu Dira malahan mengejek sarang kepunyaan Beti. “Hei Beti! Sungguh membosankan warna sarang mu itu, hanya menggunakan tumupukan jerami. Coba deh kamu lihat sarangku, lebih menarik.”

Lanjutan Teks Eksemplum Kisah

Beti malahan hanya diam dan dengan bangganya Dira terus membikin sarangnya dari kertas warna-warni. “Sebaiknya kamu membikin sarang menggunakan tumpukan jerami supaya jauh lebih kuat.” Anjuran Beti. Akan melainkan, Dira tetap saja meneruskan membikin sarangnya dengan menggunakan kertas warna-warni itu dan menghiraukan rekomendasi bagus dari Beti.
Sesudah beberapa jam kemudian semua burung pipit termasuk Dira telah menuntaskan sarangnya. Tiba-tiba hujan turun dengan derasnya dan semua burung pipit berlindung di sarang masing-masing. Akan melainkan sarang milik Dira tidak dapat melindungi dirinya dari air hujan karena sarangnya terbuat dari kertas.
Dira malahan panik dan tubuhnya menjadi basah kuyup karena hujan yang sangat deras hal yang demikian. Dan dengan dermawannya Beti menawarkan Dira untuk berlindung di sarangnya. Alhasil, Dira malahan menyesali apa yang telah dia perbuat. Dira menyesal karena membikin sarang dengan menggunakan kertas warna-warni. Ia juga menyesal karena telah menjadi seekor burung pipit yang besar kepala. Dengan demikian, Dira mulai membikin sarangnya lagi dengan tumpukan jerami.
Interpretasi :
Semenjak kejadian itulah, Dira merubah sikap dan perilakunya. Ia berkomitmen pada dirinya sendiri tidak akan menyombongkan dirinya lagi. Dira juga menyadari bahwa kesederhanaan itu juga sangatlah penting ketimbang kemewahan serta yang pasti dia tidak dapat hidup sendiri. Karena kita yakni makhluk sosial.


14.Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Hidup

Orientasi :
Sebuah momen yang membuat saya sadar, bahwa mentaati peraturan ialah suatu kewajiban. Hampir setiap bulan, saya menyempatkan diri untuk pulang ke Demak, mengingat disanalah daerah saya dilahirkan. Kini ini saya tinggal di Semarang, tepatnya saya tinggal di kos-kosan.
Aku kuliah di UNDIP dan jarak rumah saya dengan kampus sungguh-sungguh lah jauh, jadi saya memastikan untuk ngekos di sekitar kampus tersebut. Aku tinggal dengan adik saya yang juga menimba ilmu di salah satu SMA di Semarang.
Saat itu saya berangkat dari kosan sekitar pukul 08.00 pagi dan kemungkinan akan kembali lagi ke Semarang seminggu setelahnya. Aku pulang dengan mengaplikasikan sepeda motor.

Insiden :
Saat diperjalanan saya sungguh-sungguh mengantuk, karena sehari sebelumnya saya tak tidur karena ada tugas dari dosen yang harus saya kerjakan. Dengan keadaan tersebut saya menjadi tak fokus dalam mengendarai sepeda motor.
Untuk mencegah hal-hal yang tak di inginkan, saya kemudian menyuruh adik saya untuk bertukar posisi untuk mengendarai sepeda motor. Akan melainkan adik saya belum bisa mengendarai sepeda motor dan belum mempunyai SIM karena masih berumur 16 tahun.
Aku sempat berpesan kepadanya untuk tak mengebut atau melanggar rambu-rambu lalu lintas dan sekiranya ada operasi zebra stop saja tak usah panik. Setelah seperempat perjalanan, saya memperhatikan tak ada operasi zebra dan adik saya nampak merasakan perjalanan tersebut.
Kemudian saya putuskan untuk beristirahat sebentar. Tak lama bersela, tiba-tiba motor kami oleng dan kemudian terjatuh. “Gimana kok bisa jatuh sih ?” saya bertanya ke adik saya. “Itu kak, didepan ada operasi zebra, jadi saya lantas banting stir ke kiri, eh taunya ada selokan.” Jawabnya. “Kan kakak sudah bilang, jangan panik.”

Interpretasi :
Alhasil motor yang kami kendarai masuk keselokan, beruntung ada warga yang ingin menolong kami untuk mengeluarkan motor tersebut dari selokan. Dari kejadian tersebut, saya sadar akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Terimakasih Tuhan, karena Engkau masih memberi kami keselamatan.


15.Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

Orientasi :
Aku merupakan seorang mahasiswa yang sedang pulang kuliah. Setelah pulang aku segera ingin makan siang. Kemudian aku mencari makan yang dekat dengan rumah karena aku terlalu capek untuk berjalan. Akhirnya aku membeli mie ayam yang ada digang depan rumahku. Sesampainya disana aku bertemu dengan kakakku yang juga sedang membeli mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku langsung membuka mie ayam itu lalu memakannya. Tapi aku menunggu mie ayam itu sampai dingin terlebih dahulu. (Awalan Contoh Teks Eksemplum )

Inisden :
Melihat kakakku yang lahap makan membuatku tidak sabar untuk segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya aku tergoda untuk segera membuka mie ayam tadi walaupun masih dalam keadaan yang panas. Aku buru buru ingin membuka plastik mie itu karena sudah sangat lapar. Namun plastik yang aku gigit terbuka lebar dan mie ayam tadi tumpah keluar dari mangkok. Mie ayam itu juga membuat celanaku menjadi basah. Dengan kejadian ini membuatku malu didepan kakakku. Kakakku berpesan bahwa aku harus sabar dan hati hati dalam membuka mie ayam tersebut agar tidak tumpah. Kejadian itu membuatku tidak makan siang. (Peristiwa tak terduga Contoh Teks Eksemplum )

Interpretasi :
Cerita ini menjelaskan bahwa kita harus berhati hati dan sabar sebelum mengambil sebuah keputusan. Kemudian kita juga harus memperhitungkan akibat yang akan ditimbulkan nanti. (Pesan Contoh Teks Eksemplum).


16.Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Kejadian di Parkiran Reataurant)

Pengalaman ini merupakan sebuah peristiwa yang tidak akan pernah lupa dalam hidupku. Dua bulan yang lalu aku mendapatkan prestasi karyawan teladan dalam sebuah kantor perpajakan tahun ini. Dengan prestasi karyawan terbaik yang aku dapatkan ini membuat para sahabat dan rekan kerjaku mengucapkan selamat secara langsung maupun melalui media sosial. Prestasi ini mmbuat kedua orang tuaku bangga dan mereka memberikan hadiah kepadaku. Ayah memberikanku sebuah mobil sport Lamborgini Gallardo dengan desain yang mewah seharga 5.200.000.000. Mobil mewah ini diberikan kepadaku karena ayah sangat bangga karena prestasiku diusia muda ini.

Setelah kejadian itu kira kira seminggu kemudian aku berniat untuk mengajak seluruh keluargaku untuk makan malam disebuah restoran berbintang yang ada di Bandung. Akupun bertanya kepada seluruh pihak keluarga dan mereka menyetujuinya. Makan malam ini sekaligus merayakan prestasi yang aku dapatkan dan membuat seluruh keluargaku bahagia. Setelah semua keluargaku setuju, kemudian hari yang dinantikanpun tiba. Kami bersama sama menuju restaurant yang dituju. Setelah sampai direstaurant tersebut kami memesan makanan dan setelah seleai kemudian membayarnya. Makan malam tersebut berlangsung secara bahagia penuh canda tawa dari seluruh keluarga.  Karena kami terlalu asik berbincang bincang ternyata waktu sudah menujukkan pukul 19.00 malam. Pada saat itulah aku harus menghadiri sebuah konferensi pers yang ada di Mall Bandung.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempromosikan toko batik yang akan aku buka minggu depan. Karena janjiku tersebut membuatku segera menyelesaikan makan dan segera berpamitan dengan meminta maaf dikarenakan pergi terlebih dahulu. Setelah meminta ijin untuk pergi, kemudian aku segera keparkiran menuju mobilku tadi. Akupun segera masuk kemobil namun ada wanita yang menarik tanganku kemudian menutup mulutku. Wanita itu tangguh dan menyeramkan, ia berkata untuk menyerahkan uang yang aku punya atau memilih untuk mati. Karena perasaaanku sudah tidak tenang akhirnya aku segera mengambil seluruh uang yang terdapat didompetku kemudian aku berikan kepada wanita tadi.

Aku tidak bisa melawannya karena ia bersama kedua orang laki laki yang membawa pisau. Pisau itu d arahkan tepat keleherku. Setelah mengambil seluruh uangku kemudian mereka pergi mengunakan mobil miliknya. Melihat mereka sudah pergi kemudian aku segera masuk kemobil dan menguncinya. Didalam mobil aku berusaha untuk tenang akibat kejadian yang menimpaku tadi. Keringatku masih bercucuran dan badanku masih gemetaran. Aku sangat bersyukur karena Allah masih melindungiku dari penjahat penjahat tadi. Walaupun aku kehilangan semua uang yang ada didompetku namun aku masih bersyukur tidak ada barang berharga lain yang diambil sepeti laptop dan lain lain yang ada dalam mobilku. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus berhati hati dan pintar mengatur waktu terutama saat hari sudah malam.
 
 
 
 


17.Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Tidak Ada Makan Malam)
Setelah salat maghrib aku merasa lapar karena sudah waktunya untuk makan malam. Aku segera mencari makanan digang depan rumahku. Karena aku tidak ingin berjalan terlalu jauh kemudian aku hanya membeli ketoprak digang depan saja. Sesampainya disana ternyata sudah ada tetangga tetanggaku yang juga makan disana. Mereka dengan lahapnya memakan ketoprak yang masih panas. Karena terlalu panas aku tidak segera memakannya walaupun aku sebenarnya sangat lapar. Ketoprak yang ada dipiringku sangat lezat untuk segera dimakan. Karena aku sudah sangat lapar kemudian aku tergesa gesa memakannya.
Contoh teks eksemplum pengalaman pribadi ini menceritakan pengalaman buruk ketika hendak makan
Setiap sendok lahapan ketoprak aku makan dengan lezatnya. Akhirnya  karena tergesa gesa akhirnya ketoprak yang aku beli tumpah dan membuat celana dan bajuku kotor.  Tiba tiba aku kaget dan malu
karena kejdian tersebut. Saat itu rasa kaget dan maluku luar biasa karena disaksikan oleh tetangga tetanggaku. Ada salah satu tetanggaku yang berkata kepadaku, saat makan jangan buru buru dan tergesa gesa. Apabila kita tidak sabar pasti akan tumpah seperti yang aku alami. Akhirnya makan malamku hancur dan aku kelaparan dimalam itu.  Berdasarkan cerita ini mengajarkan bahwa apapun yang kita lakukan harus dilakukan dengan sabar dan hati hati karena harus memperhatikan akibat nantinya.


18.Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi (Wahana Menyeramkan)

Saat semasa liburan sekolah aku mempunyai pengalaman yang tak akan kulupakan. Saat liburan sekolah tiba, merupakan saat saat yang paling menyenangkan. Siang itu aku didatangi oleh teman teman sekolahku. Mereka datang untuk menjemputku karena ingin mengajak kekota. Kami bersama sama menuju sebuah taman bermain dengan banyak sekali wahana. Disana terdapat wahana yang menantang dan menyeramkan seperti wahana berputar 360 derajat, wahana halilintar, dan masih banyak lagi. Kami sampai di wahana histeria kemudian segera membeli tiket untuk menaikinya. Wahana ini membuat aku dihempaskan keudara setinggi 20 meter, kemudian dijatuhkan seakan akan jatuh kebawah tanpa pengaman.

Namun saat sedang asik dan berada diatas, wahana ini tiba tiba berhenti sendiri. Kami pun panik mengalami kejadian ini karena posisinya masih diatas ketinggian. Semua yang menaiki wahan ini meminta tolong. Peristiwa ini tak terduga bahkan tidak terbayangan akan seperti ini. Ada orang yang ketakutan bahkan menangis akibat wahana yang mati mendadak ini. Akupun merasa takut seakan nyawaku sedang diambang batas, seketika aku teringat kedua orang tuaku. Aku menangis dan menyebut nama mamaku. Sudah hampir 30 menit kami tersangkut diwahana ini,namun terdapat beberapa petugas yang memperbaiki wahana tersebut.
 
 
 
 
Akhirnya berkat para petugas tadi nyawa kami semua terselamatkan tanpa ada satupun yang terluka. Setelah itu kami terasa lega dan bersyukur kepada Allah karena masih diberi keselamatan. Akibat kejadian itu aku menjadi takut ketika melihat wahana yang sama. Akhirnya aku selalu hati hati dan waspada dalam melakukan sebuah tindakan. Karena kita tidak akan pernah menyangka apa yang akan terjadi kedepannya. Sebelum menaiki wahana tersebut harusnya kita bertanya terlebih dahulu kepada petugas apakah wahana ini aman untuk dinaiki.




Demikianlah penjelasan mengenai contoh teks eksemplum yang baik dan benar, semoga bisa bermannfaat bagi kamu yang ingin mencontohnya atau dijadikan bahan referensi pembuatan tugas nantinya.
 
 
 
 

0 Response to "20+ Contoh Teks Eksemplum Persahabatan, Pendidikan dan Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya"

Posting Komentar