15+ Contoh Dialog Interaktif Pendek dan Panjang Beserta Kesimpulan Terlengkap

Pengertian DIalog interaktif

Dialog interaktif adalah kegiatan diskusi yang membahas sebuah topic yang sedang terjadi di lingkup masyarakat dan mengundang pembawa acara dan narasumber yang ahli atau benar-benar mengerti masalah tersebut.
Dialog formal seperti ini biasanya diadakan di berbagai acara resmi termasuk acara khusus yang ditayangkan di berbagai media seperti televisi, radio, bahkan di media cetak seperti Koran.


Unsur-unsur penulisan dialog interaktif

Dialog interaktif sebenarnya hampir serupa dengan berita, sama-sama menggali informasi. Maka dari itu, unsur-unsur yang harus diperhatikan pun sama. Dialog ini harus memuat 5W+1H.
  • What : apa yang akan dibahas
  • Who : siapa saja yang terlibat dalam dialog
  • When : kapan dialog dilakukan
  • Where : dimana dialog diadakan
  • Why : kenapa dialog ini harus diadakan
  • How : bagaimana proses dan hasil dialognya

 

Hal-hal penting dalam dialog interaktif

Dalam melakukan dialog interaktif terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak melewatkan hal-hal penting, diantaranya adalah:
  • Tema: Tema wajib ditentukan sebelum dialog interaktif dilakukan
  • Narasumber: Narasumber yang dipilih harus merupakan narasumber yang ahli untuk pembahasan topik yang dipilih.
  • Opini narasumber: pendapat narasumber harus diperhatikan benar-benar, apakah pendapat narasumber yang bersangkutan sesuai dengan data dan fakta yang ada
  • Kesimpulan: rangkuman hal-hal penting selama dialog interaktif berlangsung.


Komentar dalam Dialog Interaktif

Setelah kita selesai menyimak sebuah dialog, hal yang perlu kita lakukan yaitu memberikan komentar. Ketika hendak memberikan komentar dalam sebuah dialog interaktif, ada beberapa hal yang harus kita diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.
  • Komentar yang diberikan sebaiknya bersifat objektif (tidak memihak)
  • Harus disertai data dan fakta yang meyakinkan serta akurat
  • Berisi alasan yang logis



Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif

Sebuah dialog interaktif pasti mempunyai kesimpulan yang bisa diambil pelajarannya oleh para pendengar. Walaupun biasanya kesimpulan tersebut dibacakan oleh moderator, namun kita juga harus menyimpulkan nya sendiri, sebab bisa jadi apa yang kita dapat berbeda dengan yang orang lain dapatkan. Nah, berikut ini adalah cara menyimpulkan dialog interaktif:
  • Pertama. Perhatikan dialog tersebut. Jangan sampai fokus kita teralihkan dengan suatu hal yang tidak penting. Sebab, apabila satu bagian saja hilang, maka kita akan kehilangan informasi utuhnya.
  • Kedua. Ingatlah selalu 5 W + 1 H. Kita tidak perlu mengikuti apa yang disampaikan oleh pembicara dan moderator kata demi kata, namun ingatlah konsep 5 W + 1 H di dalam otak kita. Cemati dengan tepat apa yang mereka bahas, siapa yang terlibat, kapan berlangsungnya peristiwa, dimana tempat peristiwa, mengapa, dan bagaimana prosesnya. Apabila kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka kita sudah mempunyai kesimpulan dialog interaktif tersebut.
  • Ketiga. Cara yang terakhir ini yaitu mencatat jawaban dari 5 W + 1 H tersebut. Tidak harus mencatatnya dengan kalimat yang utuh. Catat saja poin-poin pentingnya yang dapat dikembangkan menjadi satu paragraf nantinya.



kumpulan contoh dialog interaktif Singkat & Panjang Beserta Kesimpulannya


Berikut di bawah ini adalah kumpulan contoh dialog interaktif singkat dan panjang beserja kesimpulannya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi juga wawasan dalam berdialog interaktif yang baik dan benar,



1. Contoh Dialog Interaktif TV One

Nama Acara: Kabar Tokoh
Stasiun TV: TV one
Pewawancara: Indiarto Priadi
Narasumber: Anies Baswedan
Topik: Pencalonan Gubernur Jakarta
Indiarto Priadi: “Tokoh Indonesia Mengajar, rektor dan pernah menjadi menteri. Sekarang kok pengen menjadi Gubernur. Apa proyek anda sebetulnya?”
Anies Baswedan: “Saya selalu berpegang membawakan misi, bukan cita-cita untuk posisi, karena saya percaya sekali kalau cara kita melihatnya itu cita-cita. Saya bercita-cita menjadi “x” begitu tercapai, selesai lah sudah”.
Indiarto Priadi: “Lalu apa cita-cita itu?”

Anies Baswedan: “Kalau saya membawanya misi. Saya ingin ikut dan kemarin kita jelas, ketika berbicara Indonesia Mengajar atau Paramadina, saya dari dulu memang terlibat dalam acara kemasyarakatan dan saya selalu percaya bahwa setiap kita punya tanggung jawab moral untuk terlibat dalam kegiatan publik termasuk kegiatan politik. Jadi ketika saya diundang untuk ikut mewarnai Jakarta, saya katakan siap.
Dan saya tidak memulai ini dengan keliling.. menawarkan tidak.. dan saya tidak pernah mengira juga berhenti tugas di kabinet. Sesudah itu saya jalan sana-sini banyak kegiatan, kemudian diundang untuk menjadi calon untuk dipertimbangkan. Saya katakan siap”.
Indiarto Priadi: “Jarak antara anda diberhentikan menjadi menteri sampai menjadi calon gubernur relatif pendek. Kata-kata diundang sebetulnya bisa menimbulkan arti bahwa jangan-jangan seorang Anies Baswedan memiliki sebuah misi yang kemudian misinya adalah menjadi seorang penguasa. Apa komentar anda?”

Anies Baswedan: “Pertama, ketika pergantian kabinet itu sendiri, siapa yang mengira saya akan dicukupkan tugasnya? Saya pun tidak tahu. Jadi saya ini mengalir aja mas. Allah itu Maha Mengatur bahwa saya bilang ini Tuhan itu bekerja dengan cara yang sangat misterius, saya nggak tau apa rencana dibalik ini semua.
Tapi saya percaya bahwa Allah akan mentakdirkan yang terbaik. Jadi ketika dicukupkan pasti ada rahasia dibalik itu yang kita tidak tahu, begitu juga dengan sekarang kita saya diundang mengikuti proses di gubernur”.



2. Contoh Dialog Interaktif Berita Satu


Nama Acara    : Berita Satu
Tanggal           : 27 Juni 2016
Pewawancara  : Varelina Daniel
Narasumber    : Komisi IX DPR, Okky Asokawati
Tema              : Vaksin Palsu
Dialog :
VD : “Kalau melihat responnya semua harus cepat ditindaklanjuti karena cukup dirasakan membuat masyarakat menjadi resah dan berbahaya, nah sebenarnya dari komisi 9 dengan adanya himbauan untuk segera melakukan tindak lanjut terhadap badan POM apa yang harus dilakukan kedepan?
OA : “Terkait dengan badan POM kami melihat memang badan POM tidak memiliki gigi dalam melakukan kinerjanya. Misalnya kita sering melihat bagaimana badan pom berhasil menemukan produk2 makanan dan obat2 illegal, tetapi sejauh itu badan pom tidak bisa memberikan sanksi karena tidak memiliki wewenang, karenanya apabila temuan2 tersebut ditemukan oleh badan pom maka diberikannya kepada kejaksaan atau kepolisian, dilain sisi kepolisian atau kejaksaan sudah mempunyai isu2 yang menurut mereka itu lebih berat sehingga kadang-kadang masalah temuan badan pom ini di P21 kan itu yang pertama, artinya badan pom disini tidak ada giginya. Untuk vaksin palsu ini kami melihat bahwa kinerja badan POM ini masih seperti pemadam kebakaran, mana kala ada masalah baru kemudian mereka melakukan tindakan, dan untuk ini juga kemenkes pun kecolongan karena ketika kita berbicara tentang peredaran obat itu harusnya ada CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik dan Benar) dan CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik dan Benar). Untuk bisa melakukan atau memproduksi obat atau vaksin maka harus ada izin yang dikeluarkan oleh kemenkes, baru setelah itu didistribusikan lalu dites oleh badan POM. Vaksin palsu inikan ternyata sudah diproduksi sejak 2003, artinya kemana pemerintah selama ini.
VD : “Selama ini dari DPR tidak pernah mendengar kasus seperti ini?”
OA : “Tidak pernah, yang sering kami dengar beberapa balita setelah diberikan vaksin meninggal, itu yang kami soroti dan penjelasan dari menteri kesehatan mengatakan bahwa biasanya hal itu terjadi kalau balita yang bersangkutan ini panas tinggi atau sedang tidak sehat kemudian divaksin, tapi menurut saya benar juga, hanya memang kami tidak menelisik lebih jauh kematian bayi setelah vaksinasi ini.
VD : “Kalau sekarang sudah terjadi vaksin palsu, respon dari menkes mengatakan sebaiknya masyarakat dihimbau tenang, menurut Anda gimana?”
OA : “Rasanya kok empatik ya, maaf kalau saya katakan rasanya tidak memiliki empati, bagaimana mungkin masyarakat diminta untuk tidak khawatir. Beliau mengatakan baru 1% daripada penyebaran vaksin palsu, kalau kita menyimak beliau mengatakan ini baru beliau merasa itu bukan masalah yang besar. Menurut saya pemerintah seharusnya memberikan penguatan bahwa pemerintah akan melakukan pengawalan kemudian evaluasi dan juga pengetatan terhadap produksi2 vaksin dan ibu2 tetap semangat memberikan vaksin untuk anaknya. Jadi dengan komunikasi yang seperti itu akan lebih baik menurut saya.”
VD : “Ada juga langkah dari pemerintah bahwa kalau masyarakat tidak yakin bisa dilakukan vaksin ulang, cukup tidak dengan seperti itu?”
OA : “Saya rasa tidak mudah untuk vaksin ulang, karena punya nggak mappingnya, anggota atau bayi mana yang mendapatkan vaksin palsu kan tidak tahu. Menurut saya bukan begitu caranya terkait dengan vaksin ulang ini bahwa harus ada cara yang lebih intensif lagi.”
VD : “Jadi menurut Anda itu tidak konkrit ya menurut Anda?”
OA : “Iya”
 
Kesimpulan :
Jadi, dari dialog antara Varelina Daniel (pewawancara) dan Okky Asokawati (narasumber) dapat diambil kesimpulan bahwa mengenai masalah vaksin palsu ini pemerintah dirasa kurang efektif kinerjanya dalam memantau peredaran obat-obatan dan vaksin yang masuk di Indonesia. Selain itu, respon pemerintah melalui menteri Kesehatan yang cenderung terlalu menganggap enteng masalah ini membuat masyarakat semakin risau mengenai nasib anak-anak mereka. Jadi menurut Okky Asokawati, tindakan yang diambil oleh pemerintah kedepannya harus lebih di intensifkan lagi supaya masyarakat dapat sedikit tenang dalam menyelesaikan permasalahan ini. Oke itu tadi contoh teks dialog interaktif beserta kesimpulannya, oke kita lanjut ke contoh selanjutnya ya sob.
Silahkan simak dibawah ini


3.Contoh Dialog Interaktif di TV Beserta Kesimpulannya

Topik: Mabuk Perjalanan
Narasumber: dr. Ryan Thamrin
Binta Tamu: Tya Aristya
dr. Ryan : “Kembali lagi bersama kita di DR. OZ Indonesia. Nah pada kesempatan ini kita bakal membahas mengenai mabuk”.
Tya : “Apa dok? Mabuk?”
dr. Ryan : “Iya Tya, tapi bukan Mabuk minuman keras ya, melainkan mabuk perjalanan”
Tya : “Oh, kirain mabuk apa tadi dok hahahah”
dr. Ryan : Berbicara mengenai mabuk perjalanan nah sekarang ini menjelang lebaran ada satu tradisi khas nusantara yaitu Mudik atau pulang kampung, nah disini pada mudik atau nggak nih?. Oke, berbicara mengenai mabuk perjalanan, bagian tubuh kita yang mana yang berhubungan secara langsung dengan kondisi mabuk ini, ada yang tahu?”
Tya : “Kalau menurut saya kepala deh dok, soalnya kan pusing sama juga lambung yang mual”
dr. Ryan : “Kepala pusing dan lambung mual ya, ada yang tau lagi selain itu?”
Tya : “Setau saya cuma itu deh dok kayaknya”
dr. Ryan : “Sebetulnya, yang memegang peranan atau kendali ketika kita mabuk ialah bagian telinga kita yang dalam. Nah penasaran kan kok bisa? kita lihat animasinya langsung yuk. (sambil memperlihatkan animasi). Pada dasarnya terdapat yang namanya labirin didalam sini yang akan bergerak sesuai dengan gerakan yang kita buat. Itu namanya organ labirin. Nah didalamn organ labirin itu terdapat cairan berwarna kuning dan ada rambut. Rambut disini fungsinya sebagai reseptor atau alat yang berperan dalam mendeteksi gerakan yang kita lakukan. Nah jika bagian ini terganggu atau istilahnya nggak fokus, maka yang terjadi adalah mabuk. Pengen tahu mekanismenya?”
Tya : “Iya pengen dok”
dr. Ryan : “Ayo ikut saya, saya bakal buat kamu jadi mabuk. Saya bakal beri tahu kamu dan pemirsa baik di studio atau di rumah kenapa seseorang menjadi mabuk. Saya bakal coba memutar-mutar kursi ini. Nah labirin tadi kan ikut bergerak, nah ternyata itu ada hubungannya dengan mata. (sambil memutar kursi)”

Tya : “Jadi puyeng nih dok”
dr. Ryan : “Coba deh sekarang Tya baca buku ini”
Tya : “Hah? Gimana bacanya dok, udah puyeng gini”
dr. Ryan : “Baiklah, pertanyaanya, kenapa kalau kita membaca saat sedang perjalanan bisa membuat kita mudah mabuk? karena mata kita itu mendeteksi kalau tubuh kita itu tidak bergerak, namun indra labirin yang sudah kita bahas tadi mendeteksi kalau ada gerakan pada tubuh kita, maka terjadilah tolak belakang antar keduanya yang berakibat kita mabuk perjalanan. Nah sekarang solusinya gimana?”

Tya : “Baik dok, solusinya gimana?”
dr Ryan : “Solusinya ialah jangan membaca saat kita sedang melakukan perjalanan dan jika tidak sedang berpuasa, silahkan untuk mengkonsumsi jahe kalau gampangnya ya permen jahe karena dapat mengurangi terjadinya gangguan pencernaan yang mengakibatkan mual atau pusing.”
Tya : “Wah makasih tipsnya nih dok, sudah agak mendingan sekarang hehehehe.”
dr Ryan : “Sama-sama, semoga bermanfaat ya. Dan jangan kemana-mana tetap di Dr. OZ”.
Kesimpulan:
Jadi contoh dialog interaktif beserta kesimpulan di tv diatas kesimpulannya adalah mabuk perjalanan itu disebabkan karena adanya tolak belakang antara organ labirin dan mata kita yang tidak sama dalam melakukan deteksi terhadap gerakan.


 4.Contoh teks  dialog interaktif singkat
  • Nama acara: Bincang Indonesia
  • Nama Stasiun Radio: Mandala
  • Pembawa Acara: Farida
  • Narasumber: Nina Risman
  • Topik: Pelestarian Rujak Cingur sebagai warisan budaya
Farida: Selamat pagi, mbak Nina. Wah pagi-pagi sudah bawa rujak nih.
Nina: selamat pagi. Iya, ini rujak favorit saya.
Farida: Ngomong-ngomong itu rujak apa kok kayaknya enak sekali, mbak?
Nina: Ini namanya rujak cingur, bumbunya dari petis da nada sayur dan sayur-mayurnya.
Farida: Darimana ini asalnya, mbak
Nina: dari Jawa Timur, mbak. Khususnya Surabaya
Farida: kenapa anda membawa rujak ini untuk dipromosikan, mbak?
Nina: karena saya melihat semakin banyak berbagai macam makanan luar negeri yang masuk dan menarik ketertarikan pemuda-pemuda kita. Jajanan khas Korea, Thailand, Amerika, jepang dan masih banyak lagi.
Farida: selain dengan datang di radio kami bagaimana cara anda mempromosikannya?
Nina: melalui buku yang saya tulis. Berbagai kreasi rujak nusantara, salah satunya rujak cingur
Kesimpulan:
Dengan datang ke acara salah satu Radio, Nina berusaha mempromisikan rujak cingur sebagai warisan bangsa disaat pemuda-pemudanya mendamba makanan dari asing. Selain itu ia juga menulis buku tentang berbagai kreasi rujak.
 
 
 
5.Contoh dialog interaktif acara hitam putih terbaru

  • nama acara: Hitam Putih
  • stasiun TV: Trans 7
  • Pembawa Acara: Deddy Corbuzier
  • Narasumber: Prilly Latuconsina
  • Topik: Pengalaman mistis Prilly selama syuting Danur 2
Deddy: Halo, selamat malam, Prilly
Prilly: selamat malam, om Deddy.
Deddy: Ini Prilly lagi main di film baru apa nih? Komedi ya?
Prilly: eh, bukan, dong. Film horror, Danur 2
Deddy: katanya selama syuting kamu ‘melihat sesuatu’ gitu ya? Gimana tuh?
Prilly: hehe, jadi gini. Aku tuh dasarnya nggak percayaan sama ‘sesuatu’ itu, kan. Tapi dapat peran yang tokoh aslinya, Risa Saraswati dan dia punya kemampuan untuk ‘berkomunikasi seperti itu’. Lalu mata batinku dibuka dan ternyata ya.. aku ‘lihat’.
Deddy: kapan mata bantinmu dibuka? Dimana?
Prilly: waktu itu habis syuting dan dibukain di Bandung sama dua sepupu Risa.
Prilly: terus menurutmu sosok yang paling menyeramkan di film itu siapa?
Prilly: ada. Dia sosok perempuan Belanda paling dibenci semua orang, dan dia paling benci namanya disebut.

Kesimpulan:
Prilly sedang terlibat di dalam pembuatan film horror sebagai sosok Risa Saraswati yang memiliki kemampuan berkomunikasi khusus. Selama masa syuting, Prilly mengalami beberapa kejadian yang baru baginya, termasuk berinteraksi dengan ‘mereka yang tidak tampak’.


6.Contoh dialog interaktif 2017 Beserta kesimpulannya
.
  • nama acara: Mata Najwa
  • stasiun TV: Metro Tv
  • Pembawa Acara: Najwa Shihab
  • Narasumber: Azizah (agen umroh Abu Tours), Lukman Hakim (menteri agama), Umar (jamaah, tukang becak), Arteria Dahlan (anggota DPR), Kombes Panca (polri)
  • Topik: Muslihat bisnis umroh First Travel
Najwa: bu Azizah, apa yang ingin anda sampaikan saat ini?
Azizah: Saya ingin tahu bagaimana menteri agama ikut andil membereskan kasus ini termasuk pak Umar yang sudah 8 tahun mengumpulkan uang untuk Haji namun tidak jadi berangkat. Kami Abu Tours juga menanggung beban itu karena kasus First Travel ini jamaah kami pun tidak jadi berangkat.
Najwa: pak… apa yang menurut anda bisa dilakukan Negara?
Arteria : saya kira Negara harus ikut andil dalam kebebasan masyarakat untuk beribadah. Opsi yang kita punya adalah bagaimana mereka berangkat, apakah uang yang diambil First Travel sudah dikembalikan? Penegak hukum harus bertindak. Yang kedua, bagaimana sikap kita terhadap kasus ini.
Apabila kita lakukan sistem pailit, apabila dipailitkan, uang yang kembali ke calon jamaah hanya 98.000/orang, padahal yang mereka bayar belasan juta. Dan bagaimana perlakuan kita ke Abu tour yang ikut menanggung beban ini.
Lukman : jadi begini. Korban first travel dan abu tours dibagi menjadi 4 kategori; yang tetap mau berangkat tapi mau nambah uang, berangkat tapi tidak mau nambah uang, refund biaya dan yang keempat sudah ikhlas. Sedangkan asset-aset yang diambil biar pengadilan yang memutuskan.
Najwa: bagaimana dengan asset-aset itu? Apakah bisa dipakai sebagai kompensasi kerugian?
Panca: Iya, polri berkomitmen menuntaskan perkara ini.
Najwa: Jika di total, ada ratusan ribu calon jamaah yang gagal umroh atau haji. Apa yang bisa dilakukan untuk menolong mereka?
Arteria: iya yang perlu kita lakukan adalah menggabungkan berbagai kebijakan, kebijakan hukum, kebijakan kemanusiaan dan sebagainya yang penting kita anggap ini sebagai tragedy kemanusiaan dan bersama-sama mencari jalan keluar.
Kesimpulan:
Tragedi First Travel merugikan banyak pihak, ratusan ribu jamaah, Abu Tours, Kafilah Rindu Ka’bah, dan bisnis umroh lain dibawah First Travel. Yang perlu dilakukan hanyalah membiarkan aparat hukum menghakimi First Travel dan Negara bersama-sama membantu para calon jamaah agar tetap mendapatkan hak mereka.


Baca  Juga:

20+ Contoh Teks Eksemplum Persahabatan, Pendidikan dan Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya


 7. Contoh dialog interaktif beserta kesimpulan di tv one

  • nama acara: Dua Sisi
  • stasiun TV: TV one
  • Pembawa Acara: Indiarto Priadi, abu janda
  • Narasumber: Eggi Sudjana
  • Topik: Kontroversi Puisi Kebangsaan Sukmawati
Indiarto: Selamat malam, pak Eggi, pak Abu, bu Mariana
Eggi, Abu, Mariana: selamat malam
Indiarto: Apa komentar pendek anda mengenai bu Sukmawati yang meminta maaf pada publik atas puisinya?
Abu: Maafkan!
Eggi: Maafkan tapi hukum tetap ditegakkan.
Indiarto: Kenapa harus seperti itu, bung Eggy?
Eggi: Ya, karena ini berkaitan dengan masalah hukum. Masalah ini kurang lebih mirip dengan kasus Ahok. Beliau juga meminta maaf tapi hukum jalan terus.
Indiarto: Kalau menurut bu Mariana bagaimana anda menanggapi hal ini?
Mariana: saya hanya melihat puisi sebagai objek di kasus ini. Puasa adalah karya seni, dibuat dari bawah alam sadar seseorang.
Abu : Lagipula sejak kapan kasus ini dibilang penistaan agama?
Eggi: sejak kasus pak Ahok. Polisi lah yang memutuskan atas dasar fatwa ulama.

Kesimpulan:
kasus puisi yang dibacakan oleh ibu Sukmawati memang dianggap melecehkan agama karena ada beberapa bait yang menyentil Islam. Meskipun ibu Sukmawati sudah meminta maaf kepada publik, dan beliau berhak dimaafkan tapi keadilan tetap harus ditegakkan, seperti kasus Ahok waktu itu. Fatwa ulama tetap dibutuhkan dalam kasus ini, apakah bu Sukmawati perlu dipidanakan seperti Ahok atau tidak.
 
 
 
 
 
8. Contoh dialog interaktif singkat tentang pendidikan

  • nama acara: Jurnal siang
  • stasiun TV: Berita Satu TV
  • Pembawa Acara:
  • Narasumber: Abdul Malik Gismar
  • Topik: kualitas dan tantangan pendidikan Indonesia
A: menurut bapak, bagaimana pandangan bapak mengenai kualitas pendidikan Indonesia saat ini?
  1. Malik : kalau bicara tentang kualitas, sebenarnya masih banyak persoalan, ya. Di ukur berdasarkan indeks juga masih jauh di belakang.
A: berikut ada indeks tentang kelulusan ya, pak. Siapa yang berhak menentukan tolak ukur ini? Apakah hanya pemerintah atau ada pihak swasta tertentu?
Abd. Malik: tentu saja yang berhak Diknas ya.
A: Bagaimana dengan UN, pak. Seberapa penting kurikulum kita untuk harus ada UN?
Abd. Malik: ya, standar kelulusan menurut UN ini menurut saya cukup bagus ya. Karna dimanapun kita berada, kita harus mencapai suatu standard, anak-anak sekolah juga demikian
Kesimpulan:
Pendidikan Indonesia masih harus ditingkatkan, dan Ujian Nasional tetap harus diadakan sebanding dengan peningkatan kualitas pendidikannya.



9. Contoh dialog interaktif singkat tentang kebersihan
PxHere. com
  • nama acara: Lingkunganmu, Lingkunganku.
  • stasiun TV: Youtube Channel ‘GoGreen’
  • Pembawa Acara: Indah
  • Narasumber: Iqbal dan Fadli
  • Topik: Kebersihan dan DBD
Indah: selamat pagi Iqbal dan Fadli
Iqbal & Fadli: selamat pagi.
Indah: wah, pagi-pagi sudah sibuk. Lagi ada program apa nih?
Iqbal: kami dari komunitas Lingkungan sedang buat program sadar kebersihan lingkungan. Mengajak masyarakat untuk lebih peduli kebersihan lingkungannya.
Fadli: Iya, jadi selain karena pentingnya menjaga kebersihan, juga karena maraknya penyakit DBD yang menyerang masyarakat.
Indah: wah bagus sekali programnya. Kapan lagi program semacam ini diadakan? Di tanggal tertentu atau bagaimana?
Iqbal: program sadar kebersihan lingkungan ini kami adakan seminggu sekali, tiap hari Minggu di tempat Car Free Day.
Indah: bagaimana program ini dilaksanakan, Fadli? Apa hanya mungutin sampah bareng-bareng?
Fadli: oh, sebelumya kita sebar undangan, ajakan untuk follower Instagram kita agar ikut jalan sehat sekaligus mungutin sampah yang kita lihat selama jalan. Nanti sampahnya kita tukar dengan snack dan susu gratis. Begitu.
Iqbal: Dan beruntungnya kami, acara minggu ini semakin ramai karena kami tekankan dalam undangan kami, bahwa dengan ikutan acara ini berarti menghambat penyebaran penyakit DBD karena membuat lingkungan semakin bersih.
Indah: Keren juga,ya. Mungkin karena itu masyarakat semakin bersemangat ikut program kalian yah. Oke, good luck ya

Kesimpulan:
Fadli da Iqbal adalah aktivis komunitas peduli lingkungan yang rajin mengajak masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan mereka. Acara mereka dilakukan setiap hari Minggu dengan cara jalan sehat bersama sambil mengumpulkan sampah. Sampah yang dikumpulkan masyarakat dapat ditukarkan dengan makanan yang disediakan. Kegiatan ini merupakan langkah kecil untuk membantu kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran penyakit DBD.


Baca Juga:

20+ Contoh Surat Pribadi Singkat & Panjang untuk Sahabat, Guru , kakak, orang tua, Bahasa Inggris Lengkap



 10. Contoh dialog interaktif kick andy dan kesimpulannya

  • nama acara: Kick Andy
  • stasiun TV:Metro TV
  • Pembawa Acara: Andy F. Noya
  • Narasumber: Rido Adityawan, pemilik Ayam Gepuk pak Gembus
  • Topik: Aku pasti sukses
Andy: Jadi mulai kapan kamu jualan ayam gepuk itu?
Rido: saya mulai jualan itu sejak Oktober 2013
Andy: cukup lama ya? Kenapa kok dinamai ayam gepuk?
Rido: itu sebenarnya nama satu malam. Jadi gembus itu panggilan kecil saya, dan kenapa gepuk karena ayamnya saya gepuk-gepuk pakai sambel. Yasudah dinamai ayam gepuk pak gembus.
Andy: jadi sekarang sudah punya 600 gerai ya? Dimana saja itu?
Rido: sebagian besar di Indonesia, sebagian lagi di Malaysia dan Singapura.
Andy: terus bagaimana ngaturnya gerai segitu banyak?
RIdo: saya franchise kan saja.
Andy: dulu sebelum sesukses ini usahanya apa saja? Apa cuman usaha ini langsung boom?
Rido: oh, dulu saya pernah jadi tukan cuci mobil, ternak lele, sempat kerja juga di Kalimantan. Tapi karna tidak betah disana saya coba cari kerjaan di Jakarta, ngelamar sana sini tdak keterima. Saya terus mikir buat usaha apa, sampai akhirnya ada suatu event dan saya mikir kenapa tidak jualan makanan saja, yasudah jualan ayam penyet kayak gini dan berusaha mengembangkan memakai ilmu yang saya dapat sewaktu kuliah.

Kesimpulan:
Rido tidak patah semangat meski ia mengalami maju mundur dalam usaha dan pekerjaan. Dia selalu mencari celah hingga akhirnya menemukan kesempatan untuk jualan ayam penyet dan berbekal ilmu bisnis yang dia miliki, usahanya berkembang pesat hingga Internasional. 



11. Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat Mata Najwa Metro TV

Acara : Mata Najwa Metro Tv
Tanggal : 16, Juni 2016
Pukul : 22.26 WIB
Host : Najwa
Najwa : Apa yang diharapkan oleh keluarga korban?
Yoga : Mohon maaf sebelumnya, Ibu pejabat mengatakan proses. Pers dan BPOM mengatakan kewenangan, Ikatan Dokter mengatakan sama, dan Mbak Najwa saat ini berbicara itu. Intinya hingga detik ini, kami tidak memperoleh apapun. Pemerintah tidak datang untuk mediasi dengan keluarga.
Sehingga keadaan kami kini masih ricuh. Kami sekeluarga berjuang untuk mendapatkan keadilan. Jika antibiotik hanya berisi NaCl, larutan hepatitis yang diencerkan, bagaimana jika antibiotik itu mengandung virus didalamnya dan berbahaya untuk kami. Sampai saat ini kami sekeluarga tidak merasa bahwa pemerintah hadir untuk kami.


12. Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat di Televisi

Acara : Di sekolah Bekasi
Tanggal : 16, januari 2016
Pukul : 20.16 WIB
Kenakalan Anak Muda
Mila dan Widya: “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”
Mila : “Selamat siang pemirsa semuanya, jumpa lagi dengan saya Mila Wijayanti
Widya  : “Dan saya Widya Ayu Safira.”
Mila: “Selama 30 menit ke depan kami akan menemani Anda dalam acara “Dialog Interaktif”.”
Widya : “Siang ini kita akan membahas mengenai “Kenakalan anak muda.”
Mila : “Untuk membahas tema yang satu ini kami tidak hanya berdua saja, karena kita ditemani narasumber yaitu Bu Siska selaku wali murid. Apa kabar Ibu Siska?”
Ibu Siska : “Alhamdulilah baik.”
Widya : “Dan sampingnya ada Ibu Citra guru BK dari SMP Negeri 2 Bekasi. Selamat pagi Ibu Citra?”
Ibu Citra: “Selamat pagi Dialog Interaktif.”
Mila : “Terima kasih Ibu Siska dan Ibu Mila atas kedatangannya di studio kami. Karena tema dialog hari ini yaitu kenakalan anak muda, lalu menurut ibu Siska apa sih kenakalan anak muda itu?”
Siska : “Kenakalan anak muda atau kenakalan remaja itu sering dikenal dengan
juvenile delinquency. Yaitu gejala sosial pada anak muda yang diakibatkan oleh beberapa faktor.Jadi mereka melakukan perilaku yang tidak baik.”
Widya : “Iya pemirsa saat ini banyak sekali kasus-kasus kenakalan anak muda di belahan dunia manapun. Lalu apa pendapat Ibu Siska mengenai kenakalan anak muda di Indonesia saat ini?”
Ibu Siska : “Pendapat saya mengenai kenakalan anak muda di Indonesia sangat memprihatinkan.”
Widya : “Baiklah, saya akan bertanya kepada Ibu Citra yang setiap hari mengawasi perilaku anak-anak di sekolah.Sebenarnya apa jenis-jenis perilaku para anak muda yang perlu diperbaiki?”
Ibu Citra : “Banyak sekali sebenarnya jenis-jenis kenakalan anak muda sekarang ini,
Misalnya saja membolos sekolah sebab tidak suka dengan mata pelajaran, dan guru. Kemudian karena anak muda yang berpacaran lalu tidak berangkat ke sekolah. Kemudian contoh lainnya seperti anak sekolah yang hamil di luar nikah, merokok, dan lain sebagainya.
Dan contoh yang mengecawakan lagi hamil diluar nikah.”
Widya : “Oke kalo gitu pemirsa, membicarakan mengenai merokok, saat ini Indonesia menduduki urutan ke-5 sebagai negara pengonsumsitembakau tertinggi di dunia. Lantas apa pendapat ibu Citra akanhal tersebut?”
Ibu Citra: “Sungguh parah dan mengecewakan ya, apalagi efek merokok itu kan sangat membahayakan bagi kesehatan.Merokok juga memengaruhi IQ dan juga psikoligis, khususnya bagi anak muda.”
Mila : “Ibu Siska sebagai orang tua, bagaimana ini cara memberitahukan kepada anak-anak ibu bahwa berpacaran waktu muda itu sangat berisiko? Pastinya kananak muda sekarang ini sudah tahu dengan lawan jenis. Monggo Ibu Siska.”
Ibu Siska : “Saya selalu memberikan nasehat untuk anak-anak saya dengan baik. Saya selalu menasehati anak-anak saya untuk tidak berpacaran dulu. Karena sekarang ini anak kecil saja sudah tau apa itu pacaran. Bahkan bahayanyahingga melakukan hubungan seperti pasangan sudah menikah.
Widya : “Menurut Ibu Siska sendiri sebenarnya apa sih yang membuat anak mudah semakin menyimpangsekarang ini?”
Ibu Siska : “Banyak faktor yang menyebabkan kenakalan anak muda saat ini, seperti faktor pergaulan di lingkungan masyarakat. Anak yang baik bisa mengubah perbuatan anak menjadi positif. Begitupun sebaliknya, anak yang kelakuannya tidak baik akan berdampak buruk dan negatif. Karena itu, jangan salah memilih teman.”
Mila : “Baiklah. Saya menanyakan pada Ibu Citra tentang bagaimana
cara mengawasi anak supaya tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik atau negatif?”
Ibu Citra : “Cara menjauhkan anak dari pergaulan yang negatif atau buruk yaitu dengan meluangkan waktu bersama keluarga. Dengan begituakan menciptakan suasana yang harmonis, sebab keluarga sangat berpengaruh kepada anak. Caranya yaitu dengan memberikan pendidikan karakter seperti tanggung jawab, kesopanan, dan kejujuran.”
Mila : “Akan tetapi bu, faktor keluarga dapatmenyebabkan kenakalan anak muda. Misalnya sajaanak yang orang tuanya bercerai, maka bisa membuat anak itu tidak terkendali sebab tidak ada yang mengontrolnya. Bagaimana solusi ibu untuk hal ini?”
Ibu Citra : “Pendapat saya untuk hal ini bahwa anak tidak sepenuhnya salah. Hanya saja sebagai orangtua yang wajib mengontrol anaknya, kenapa mengurusi urusan pribadinya sendiri. Sebagai anak juga tidak boleh putus asa ketika orang tuanya bercerai. Solusinya untuk para orang tua, jika belum siap memiliki anak, sebaiknya jangan bikin anak dulu. Sebab kalau sudah lahir takutnya anaknya yang akan menjadi korban.”
Widya : “Benar sekali. Bagaimana sih harapan Ibu Citrauntuk anak-anak muda sekarang inisupaya tidak terjerumus ke dalam jurang pergaulan yang negatif?”
Ibu Citra  : “Para anak muda saat ini sebaiknya manfaatkan waktu kaliandengan melakukan hal-hal positif. Karena jika akan merugikan dirinya sendiri. Selain itu pilihlah perilaku mana yang sesuai untuk ditiru.”



13. Contoh Dialog Interaktif "Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan" TVONE


ACARA: Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan
Hari, Tanggal : Sabtu, 23 Juli 2016
Waktu : 6.30 WIB
Narasumber : Neno Warisman (Jaklovers)
Tema : Jaklovers Mengusung Risma sebagai Cagub Jakarta

P: Presenter, N: Narasumber
P: Saya langsung ke Jaklovers, kepada mbak Neno. Apa alasan Jaklover mengusung Risma yang mungkin sebagian masyarakat di Jakarta tidak begitu mengenal?

N: Beliau itu ibu ya. Ya namanya ibu, ya kalau menyelesaikan masalah itu ya ada tangan ibunya gitu. selain itu kan beliau memang sangat reputatif ya dengan.. Baru aja dapat adipura yang ke lima ya bagi kotanya. Kemudian juga kita lihat catatan record prestasinya dari World Mayor dia menjadi walikota yang terbaik ketiga di dunia. Bahkan mengalahkan pendiri facebook. Dan masih banyak sekali penghargaan indivudu, penghargaan bagi kota, dan pemerintahan yang ia kelola. Artinya beliau memang berkelas dunia bukan hanya nasional saja. Begitu.

P: Baik mb Neno, ini kan bu Risma memang saat itu memang tidak mau dicalonkan dan mencalonkan untuk menjadi peserta di bursa calon gubernur di DKI. Tapi, kenapa Jaklover masih tetap mendorong untuk maju? Apa sekarang memang bu Risma sendiri sudah berbicara langsung dengan Jaklovers?

N: Tidak begitu. Ini kan organisasi yang benar-benar tumbuh dari bawah. Kemarin waktu deklarasi lucu juga ya. Ada orang lewat saat kami sedang orasi lalu dia datang dengan bingung dan bertanya ada apa. lalu kami jelaskan. Orang itu berkata kalau selama 2 minggu ini dia berdoa di mushola supaya bu Risma maju. Dan dia menyatakan siap membatu dari segi apa pun yang bisa ia bantu karena ia adalah pengusaha garmen. Ini artinya apa, banyak sekali masyarakat yang sebenarnya sangat menginginkan ibu Risma untuk maju di DKI.

P: Tapi kan secara karakter, Surabaya dan Jakarta berbeda jauh mb Neno. Bagaimana?

N: Mirip malah menurut saya. Karena saya kan orang Jakarta dan keluarga saya surabaya. JADI dulu itu kan surabaya itu kota yang dikenal keras, banyak preman, pusat doli, dan sangar-sangar orangnya.

P: Tapi kan sekarang memang juga masih dikenal keras.

N: Kenapa?

P: Surabaya kan sekarang memang keras, sudah tegas, sudah......

N: Iya. Tapi kan sekarang berubah menjadi kota yang bersih, sejuk, dengan manusia yang menjadi lebih baik, lebih......

P: Kalau pemimpin Jakarta yang sekarang menurut Jaklovers bagaimana?

N: Jaklover sangat menghargai apa yang sudah pak Ahok lakukan sebagai pemimpin yang sudah menunjukkan rasa kasihnya. Pak ahok kan baik, bu Risma baik juga karena keduanya sama-sama milik bangsa ini.


14. Contoh Dialog Interaktif Hitam Putih TRANS7


stasiun TV : trans7
hari / tanggal : senin / 31 juli 2017
waktu : 18.00 WIB

nara sumber : firman syah seorang lulusan S2 yg kerjanya jd cleaning service , berasal dari samarinda

pembawa acara : kalau boleh tau berapa gaji cleaning service ?

nara sumber : dua juta seratus lima puluh ribu rupiah

pembawa acara : terus bagaimana mengatur keuangan sampai bisa untuk kuliah S2

nara sumber : jadi gaji dua juta seratus lima puluh ribu itu , yang satu juta dititipin untuk biaya kuliah , yang satu juta seratus lima puluh ribu lagi buat keperluan sehari", jadi ya dicukup"kan mas

pembawa acara : keinginan selanjutnya apa mas ?

nara sumber : insya'allah akan lanjut S3

kesimpulan : pendidikan itu penting , dan wajib dicari

kesimpulan dari penonton : jadi orang miskin itu susah banget , saya saja pernah pergi ke mall dengan anak istri saya , tetangga saya bilang , palin cuma pingin naik eskalator


Itulah contoh dialog interaktif terbaru 2019 baik dari acara tv one maupun acara dari hitam putih di trans 7 yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini. jika contoh yang admin bagikan ini masih kurang, jika nanti ada waktu luang akan admin tambah lagi. jadi sjangan lupa untuk berkunjung kembali ke web ini unuk mendapatkan update contoh terbarunya ya. semoga bermanfaat dan selamat belajar.

0 Response to "15+ Contoh Dialog Interaktif Pendek dan Panjang Beserta Kesimpulan Terlengkap"

Posting Komentar