30 Contoh Resensi Buku Non Fiksi,Fiksi , dan Ilmu Pengetahuan Lengkap

Contoh resensi buku- Resensi berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Revidere” atau “Recensere” yang arti harfiahnya melihat kembali.

Pengertian Resensi

Reddit
Resensi adalah sebuah karangan yang isinya penjelasan sebuah karya dari sisi kelebihan dan kekurangannya. Resensi sendiri merupakan karangan yang bertujuan untuk memberikan penilaian seimbang tentang bagus tidaknya, penting tidaknya suatu buku yang telah diterbitkan untuk pembacanya. Seseorang yang gemar menulis resensi buku disebut resentator.

Unsur-Unsur Resensi Buku

Resensi buku memiliki beberapa unsur yang wajib disertakan. Unsur – unsur tersebut adalah:
  • Identitas buku

Identitas buku seperti judul buku, pengarang, penulis asli dan penerjemah (jika buku terjemahan).
  • Judul resensi

Judul resensi harus sesuai dengan isi resensi yang dibuat karena judul adalah gambaran besar tulisan yang disajikan penulisnya. Sebuah judul yang unik dan menarik akan mudah menarik minat orang untuk membaca resensi yang dibuat.
  • Data buku

Data buku harus disertakan. Data buku yang wajib ditulis adalah judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, dimensi buku hingga daftar buku aslinya.
  • Ikhtisar isi resensi

Ikhtisar sendiri artinya adalah rangkuman. Di resensi, rangkuman singkat isi buku harus disertakan sehingga pembaca resensi menangkap intisari buku tersebut. ikhtisar buku yang diresensi harus urut menurut plot dalam buku.
  • Kelebihan dan kekurangan buku

Sebuah resensi wajib menuliskan kekurangan dan kelebihan buku dengan porsi yang imbang, sehingga penilaian yang diberikan kepada buku tersebut bernilai objektif.
  • Penutup

Bagian penutup pada resensi buku berisi dan penjelasan kepada pembaca seperti apa buku tersebut ditujukan, beserta saran dan kritik kepada penulis.
Setelah mengetahui dengan benar apakah resensi buku, apa saja unsur-unsurnya hingga untuk apa tujuan dari meresensi buku, berikut ini merupakan contoh resensi dari beberapa bukukarya-karya terbaik sebagai panduan dan penerapan resensi yang sebenarnya. Mulai dari contoh resensi buku non fiksi, contoh resensi buku pengetahuan, contoh resensi buku pelajaran, contoh resensi novel, contoh resensi buku ilmiah, dll.

Contoh Resensi Buku

Contoh Resensi Buku
Adatnusantara.web.id

Berikut beberapa contoh resensi buku:
  1. Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Berikut salah satu contoh resensi buku non fiksi:
Identitas Buku
Judul Buku : God, Do You Speak English?
Pengarang : Jeff Kristianto, Nina Silvia, Rini Hanifa
Penerbit : Rene Books
Tahun Terbit : 2013
Tebal Halaman : 348 halaman

Sinopsis Buku :

Conto Resensi Buku Non Fiksi – Buku ini menceritakan tentang para penulis dengan tempat-tempat yang mereka singgahi. Tiga penulis buku ini adalah sukarelawan lembaga sukarelawan internasional Voluntary Service Organization (VSO) Indonesia. Mereka adalah Jeff Kristianto, Nina Silvia, dan Rini Hanifa.
Mereka datang dari beragam latar belakang. Jeff pemilik usaha kerajinan dan restoran di Bali. Nina bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Padang dan Rini staf lembaga donor internasional. Ketiganya bergabung sebagai volunteer VSO, sebagai angkatan pertama voluntir Indonesia, di masing-masing negara penempatan.
Jeff bekerja mendukung perajin-perajin di Tajikistan, bekas negara jajahan Uni Soviet di Asia. Nina membantu lembaga pendukung suku asli di Bangladesh. Sedangkan Rini ditempatkan di Guyana, Amerika Latin untuk bekerja bersama LSM lokal. Mereka bekerja dan digaji standar minimal negara penempatan.Karena telah hidup dengan warga sekitar, mereka berinteraksi dan mengalami cerita-cerita lucu dan mengharukan.
Karena itulah, buku ini tak sekadar cerita namun seolah memiliki nyawa. Ketiga penulis adalah bagian dari cerita itu sendiri. Maka, mereka menceritakan sesuatu yang tak mungkin didapatkan jika perjalanan tersebut semata untuk berpetualang.

Kelebihan Buku :
  • Buku ini sangat menarik dari segi judul, karena membawa nama Tuhan atau “God”.
  • Cerita dari ketiga penulis ini sangat menginspirasi.
Kekurangan Buku :
  • Banyak istilah dalam buku yang orang awam mungkin akan susah untuk mengerti.
  • Cerita yang ditulis dari Nina Silvia seolah seperti bernarasi, pembaca akan lelah untuk mengikuti alur cerita.



  1. Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

Berikut salah satu contoh resensi buku ilmu pengetahuan:
Identitas Buku
Judul Buku :Memahami Film
Pengarang :Himawan Pratists
Penerbit :Homerian Pustaka
Tahun Terbit :2008
Tebal Halaman :223 halaman

Sinopsis Buku :

Contoh Resensi Buku Pengetahuan – Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.
Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton. Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni.
Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.
Kelebihan Buku :
  • Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca
  • Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.
  • Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film. Karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.
Kekurangan Buku :
  • Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.


  1. Contoh Resensi Buku Fiksi

Contoh Resensi Buku Fiksi
Blogiseng.web.id

Contoh resensi buku fiksi adalah sebagai berikut:
Judul Buku : Milea; Suara dari Dilan
Pengarang : Pidi Baiq
Penerbit : Pastel Books
Tahun Terbit : Agustus – 2016
Tebal Halaman : 360 halaman

Sinopsis Buku :

Contoh Resensi Buku Fiksi – Novel ini adalah seri ketiga dari novel Dilan, Dia Dilanku Tahun 1990 dan Dilan, Dia Dilanku Tahun 1991. Jika tidak mengikuti dua novel sebelumnya, pasti akan kebingungan untuk menyimak novel Milea ini. Novel ini seakan menjawab keresahan pembaca novel Dilan sebelumnya, karena di novel Milea ini seolah semua pertanyaan dan kebingungan pembaca akan terjawab.
Novel ini mengambil sudut pandang dari Dilan. Penceritaannya juga menjawab dan mengklarifikasi pernyataan atau cerita dari Milea. Seperti penyebab Akew meninggal, lalu kenapa Dilan ada di kantor polisi. Dilan tidak ditahan karena kasus Akew meninggal. Termasuk latar belakang cerita Dilan yang meramal Milea saat pertama kali kenalan.
Dilan itu teman yang baik. Dilan itu juga pacar yang baik. Dan sebenarnya, Dilan juga murid yang baik untuk guru-guru yang bisa mengerti dirinya.Mungkin, guru-guru bisa membaca novel ini agar tahu bagaimana bersikap pada anak-anak istimewa seperti Dilan dan kawan-kawannya. Mereka tidak perlu dihukum, tidak perlu diceramahi panjang lebar. Cukup dimengerti dan sedikit memberi mereka perhatian dengan cara yang lebih bersahabat. Kisah percintaan Dilan dan Milea, persahabatan, keluarga, hingga kesedihan bersatu dalam buku ini.
Kelebihan buku :
  • Cover bukunya sangat kekinian dan sesuai target sasarannya yaitu remaja.
  • Banyak puisi-puisi yang diselipkan dalam buku jadi membuat pembaca dapat senyum-senyum sendiri.
  • Model penceritaannya dibuat sangat jelas dan terstruktur, jadi ketika membaca dari awal, dapat langsung membayangkan di buku seri Dilan yang pertama dan kedua.
  • Novel Milea dan juga versi sebelumnya sangat tampak seperti kisah nyata. Walaupun banyak yang beranggapan cerita dalam novel ini fiksi, tapi penceritaannya sangat tidak berlebihan dan seperti mengalir apa adanya.
  • Dari dialog dan penjelasan adegan di dalam setiap kalimat tidak berlebihan, sehingga tidak membuat pembaca yang “baru mulai belajar membaca novel” tidak lelah untuk mengikuti jalan ceritanya.
  • Cerita sangat ringan, dapat dibaca oleh semua kalangan umur.
Kekurangan buku :
  • Ending di buku ini membosankan, karena ending kisah cinta Milea dan Dilan telah diungkap di novel seri Dilan sebelumnya.
  • Terdapat beberapa adegan yang membuat penasaran “apakah lazim seseorang melakukan hal itu di tahun 90-an”. Hal ini kembali lagi di riset penulisnya, karena mungkin bagi beberapa pembaca merasa ini sedikit janggal.

  1. Contoh Resensi Buku Pelajaran ilmu Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pelajaran ilmu Pengetahuan
Ilmupedia.web.id

Berikut salah satu contoh resensi buku ilmu pelajaran:
Judul Buku :Memahami Film
Pengarang :Himawan Pratists
Penerbit :Homerian Pustaka
Tahun Terbit :2008
Tebal Halaman :223 halaman

Sinopsis Buku :

Contoh Resensi Buku Pelajaran – Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas. Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton.
Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni. Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan Buku :
  • Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca
  • Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.
  • Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film. Karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.
Kekurangan Buku :
  • Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.
  1. Contoh Resensi buku novel ayat ayat cinta lengkap dengan kelebihan dan kekurangan

Berikut salah satu contoh resensi buku novel  lengkap dengan kelebihan dan kekurangan
Contoh Resensi novel


6. Contoh Resensi Novel 5 Cm

Contoh Resensi Novel 5 Cm
Dunia Tulis Menulis
Contoh rResensi novel 5 cm adalah sebagai berikut:
Judul Novel : 5 cm
Penulis  : Donny Dhirgantoro
Penerbit  : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Tebal  : 381 halaman
novel 5 CM merupakan buku fiksi yang menceritakan kisah 7 tahun persahabatan lima pemuda. Selama menjalin persahabatan mereka berlima tidak pernah sekalipun berpisah, mereka selalu kompak mengerjakan segala kegiatan bersama – sama. Mereka bertujuah adalah Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Karena bosan hampir setiap hari bertemu dan melakukan segala kegiatan bersama – sama, suatu hari salah satu diantara mereka mengusulkan untuk tidak berkomunikasi dalam bentuk apapun selama 3 bulan dan fokus mengejar impian masing – masing.
Selama 3 bulan, mereka bertujuh lebih konsentrasi menggapai impian dan memiliki banyak kisah berwarna, namun tetap saja mereka merindukan masa – masa kebersamaan bertujuh dan tak sabar untuk bertemu.
Setelah 3 bulan berlalu, mereka bertujuh sepakat untuk janji bertemu dan melakukan pendakian bersama di gunung tertinggi di pulau Jawa, yaitu gunung Mahameru. Meski telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun, namun selama mendaki inilah mereka mendapatkan arti persahabatan lebih dalam. Mereka menyadari betapa pentingnya terus berusaha tanpa melihat kebelakang, selalu optimis menggapai impian yang ada di depan mata, saling memberikan dukungan, dan makna cinta yang sesungguhnya.
Di dalam novel ini, penulis  menggunakan bahasa yang mudah di cerna oleh semua kalangan pembacanya, namun terdapat satu kekurangan yang dapat ditemukan yaitu klimaks cerita yang kurang terasa terkesan memaksakan. Buku ini cocok dibaca oleh pembaca usia dewasa awal untuk lebih memberi inspirasi makna perjuangan dan persahabatan,

7. Contoh Resensi Buku Singkat yang baik dan Benar

 Contoh Resensi Buku Singkat yang baik dan Benar
Berpendidikan.web.id

a. Identitas Buku
– Judul buku resensi : Laskar Pelangi
– Genre : Roman
– Penerbit : Yogyakarta, Bandung Pustaka
– Penulis : Andrea Hirata
– Tahun terbit : 2005
– Jumlah halaman : 529 hlm
– Nomor Edisi Terbit : ISBN 970-3062-79-7

Sinopsis Buku

Resensi Novel Laskar Pelangi – Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini berkisahkan 10 orang anak yang tinggal di Belitung Timur, Desa Gantung Kabupaten Gantung. Kisah ini awalnya dimulai karena Depdikbud yang akan membubarkan sekolah Muhamamadiyah yang terancam akan dibubarkan jika tidak memiliki 10 murid.
Saat itu kepala sekolah Pak Hafran mengumumkan jika jumlah muridnya tidak mencapai 10 orang maka Depdikbud akan membubarkan sekolah tersebut. Namun tak lama setelah Pak Hafran mengumumkan hal tersebut maka datang Harun dan ibunya yang hendak mendaftarkan dirinya di sekolah Muhammadiyah tersebut.
Kisah Laskar Pelangi dari sini dimulai, ketika Bu Muslimah yang akrab disapa Bu Mus yang memberi nama mereka dengan sebutan Laskar Pelangi. Laskar pelangi ini tak hanya menceritakan mengenai Borek yang ceroboh, Kucai yang sering protes, Mahar yang diam-diam memiliki bakat yang menakjubkan, Ikal yang mengalami peristiwa jatuh cinta, dan Lintang yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah.
Nama yang diberikan oleh Bu Mus ini dikarenakan para murid yang jumlahnya hanya 10 orang ini memiliki semangat yang sangat luar biasa. Buktinya hal itu ditunjukkan dengan kecerdasan Lintang yang mampu mengalahkan Drs.Zulfikar yang terkenal memiliki otak yang cerdas dan jabatan yang tinggi di PN. Kemenangan yang diraih oleh Mahar pada acara karnaval 17 Agustus.
Kisah laksar pelangi ini tidak hanya mencerikan mengenai kisah mereka dalam lingkup sekolah saja melainkan kisah ini sangat berliku mulai dari kisah kematian ayah Lintang yang dengan tidak sengaja memaksa Lintang yang dijuluki Einstein kecil itu dipaksa untuk putus sekolah. Dan tak lama kisah haru disusul oleh Ikal yang harus melanjutkan sekolahnya di kampung halamannya diluar kampung Belitong.

c. Kelebihan
Resensi Novel Laskar Pelangi – Andrea Hirata memang sosok penulis yang sangat berkarakter sehingga hal tersebut sangat tampak dari gaya tulisan yang disajikan pada novel Laskar Pelangi. Gaya penulisannya yang begitu khas dan menarik sudah sangat mengakar pada semua karya Andrea Hirata. Di dalam novel Laskar Pelangi ini Andrea Hirata menyajikan dengan sentuhan etnis melayu yang kental. Novel ini juga menceritakan tentang kisah persahabatan yang sangat kental dan haru, kisah juang para sahabat dalam mengapai mimpinya.

d. Kekurangan
Resensi Novel Laskar Pelangi – Kekurangan dari novel Laskar Pelangi ini penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas. Karena kisah dari novel ini daingkat dari kisah nyata namun penulis seolah mengaburkan waktu tepat yang terjadi pada saat hal itu terjadi. Seolah-olah ingin melindungi pemerintahan pada saat itu. Karena kisah yang diangkat dalam novel Laskar Pelangi ini nyata maka hal tersebut menuai banyak kritikan dari pada pembaca novel atas perlakuan pemerintahan pada masa itu.

8. Contoh Resensi Buku Pengetahuan pendidikan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan Kelas 9
Kampungilmu.web.id

Kelas 9

berikut salah satu contoh resensi buku pengetahuan untuk kelas 9
Identitas Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd
Jumlah Halaman Buku : 183 hlm.
Tahun Terbit : September 2004
Isi Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, dimana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu praktek di dalam hidup, sama seperti kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Disamping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam kontek yang lebih luas lagi. Pertama adalah praktek pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.
Keunggulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.
Kelemahan Buku Pengantar Filsafar Pendidikan
Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.
Kesimpulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini bisa jadi rekomendasi sebab di dalam buku ini terdapat ilmu pendidikan, pendekatan ilmu filosofis, dan tidak hanya teori pendidikan saja yang dibahas akan tetapi dengan praktik pendidikannya untuk membangun sumber daya manusia dan juga memberikan pengalaman yang luas, sebab pendidikan berkaitan erat dengan seluruh aspek dalam kehidupan baik itu pengalaman atau pemikirannya.
Di dalam ilmu pendidikan butuh kajian filosofis sebab kajian seperti ini akan melihat pendidikan dalam kenyataan yang berkesinambungan. Pengkajian pilosofis megengenai pendidikan bisa membantu memberi informasi mengenai hakikat dari manusia yang secara horizontal berkaitan dengan hubungan antar manusia dan alam semesta.
Pengkajian filosofis bisa juga memberi informasi yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan jufa sumber dari pengetahuan. Hal ini bisa membantu di dalam menentukan tujuan dari akhir pendidikan itu sendiri.

9. Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum Sosial

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum Sosial
Ahliprimbon.web.id

Identitas Buku
Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengarang Buku : Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M
Penerbit Buku : Yudistira
Tahun Terbit : 2007
Jumlah Halaman : i-vi + 84
Review Buku Ilmu Pengetahuan Sosial
Hak dan kewajiban yang sama konon dibawa oleh setiap insan sejak ia terlahir ke dunia ini. Kemudian insan ini mengalami diferensiasi yang sangat menakjubkan. Kesempatan dalam bermasyarakat di kotak-kotakan ke dalam kelas sosial, status, dan asal-usul.
Manusia memang dilahirkan sama, akan tetapi masyarakat kemudian membeda-bedakannya sendiri. Filosof Prancis J.J Rousseau berpendapat bahwa “Kesialan terbesar manusia adalah kebudayaan dan khususnya pendidikan.”
Dua perkara inilah yang kemudian membuat manusia menjadi membeda-bedakan menurut kependudukan sosialnya, besarnya pendapatan, jenis kelamin, agama, warna kulit, ataupun tingkat kepandaian.
Sedangkan kalau segala tanda pangkat di copot, akte kelahiran di tiadakan, kartu penduduk di hilangkan, dan gelar akademik dibuang, serta tidak ada lagi perbedaan sosial di dalam masyarakat.
Buku ini menceritakan tentang struktur sosial, penyebab konflik sosial, dan mobilitas sosial, kelompok sosial di dalam masyarakat multikultural serta kesamaan dan keragaman budaya yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan :
  • Tata bahasa buku ini mudah dipahami, materi yang terdapat didalamnya juga cukup lengkap dan sangat bagus, serta buku ini dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.
Kekurangan :
  • Buku ini mempunyai sedikit kekurangan yaitu kruang adanya contoh-contoh masalah atau kasus dalam beberapa point tertentu.
Buku ini sangatlah bermanfaat untuk para pembaca. Tidak hanya untuk pelajar, namun juga bisa untuk umum. Buku ini sangat mudah untuk mudah dipahami, apalagi untuk pelajar. Buku ini mencakup semua tentang keadaan yang ada di dalam masyarakat.

10. Contoh Resensi buku ilmiah bahasa Indonesia

 Contoh Resensi buku ilmiah bahasa Indonesia
Segalaarti.web.id

Identitas buku
Judul buku : Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi
Pengarang buku : H. Abdurrahmat fathoni
Penerbit buku : PT. Rineka cipta
Tahun Terbit : Tahun 2006
Jumlah halaman : 105 halaman

Sinopsis buku

Buku ini merupakan buku yang mana di susun dengan berdasarkan pandangan serta pemikiran dari beberapa peneliti serta pakar dalam bidang ilmu metodologi penelitian.
Tujuan pembuatan buku ini adalah agar membantu mereka yang ingin tahu bagaimana seluk beluk dari metodologi penelitian, prosedurnya dan juga mengenai desain penelitian secara umum bisa di pakai pada sebuah penelitian untuk ilmu sosial. Berbagai teknik yang di jelaskan pada buku tersebut bisa sangat membantu para mahasiswa untuk mudah dalam menyusun skirpsi.

Kelebihan buku

Buku ini memang terlalu segmented, sehingga sangat di anjurkan para pembaca merupakan orang- orang yang akan menjalani penelitian maupun skripsi.
Buku ini juga memiliki penjeelasan yang sangat jelas bakan sangat detail dari tiap- tiap langkah serta metode yang nantinya di tempuh.
Buku sangat mudah di dapatkan di toko buku apa saja dan dimana saja.
Bisa di pakai sebagai acuan untuk meluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Baca juga Contoh Paper

Kekurangan dari buku

Terdapat beberapa perguruan tinggi yang mempunyai metode penelitian dari skripsi sehingga pastinya metode dan lankah- langkah pembuatan skripsi tidak sama. Jadi, kamu pun wajib melakukan perbandingan dari buku satu dengan buku yang lainnya juga.
Terdapat sejumlah istilah yang asing yang berada di dalam buku namun tidak di jelaskan secara mendetail.

Contoh Resensi buku cerita rakyat
Kumpulanpidato.web.id

Identitas buku
Judul : Sangkuriang
Penulis : Yuliadi Soekardi
Penerbit : CV Pustaka Setia
Tahun terbit : Cetakan Pertama, 2002
Ukuran : 26 cm x 19 cm
Tebal : 104 halaman

Sinopsis Buku

Cinta dan sayang merupakan dua hal yang berbeda. Cinta terjalin antara dua orang berlainan jenis. Sedangkan sayang terjalin antara dua insan, baik sejenis maupun berlawanan jenis.
Banyak orang tidak dapat membedakan perasaan cinta dan sayang. Rasa sayang yang diberikan seseorang dapat dianggap cinta oleh orang lain. Cinta itu membutakan mata orang. Hubugan darah dilanggar demi cinta. Hal ini menyebabkan cinta terlarang.
Inilah makna yang diceritakan Yuliadi Sokardi melalui bukunya yang berjudul “Sangkuriang”. Tidak seperti cerita pada masa ini, buku “Sangkuriang” ini menceritakan tentang kisah seorang anak mencintai ibunya. Tetapi, cinta tersebut bukan cinta berwujud sayang antara ibu dan anak, tetapi sebuah kisah cinta antara pria dan wanita.
Cerita ini bermula dari seorang anak bernama Sangkuriang yang diusir oleh ibunya, Dayang Sumbi, karena telah membunuh anjing kesayangan ibunya yang ternyata jelmaan dari ayah Sangkuriang, Sona Anggara.
Setelah belasan tahun pergi berkelana dan mencari ilmu bela diri, Sangkuriang tak sengaja kembali ke desanya dan bertemu dengan ibunya. Namun, keduanya tidak saling kenal.
Karena kecantikan Dayang Sumbi, sangkuriang jatuh cinta kemudian melamar ibunya sendiri. Kisah cinta ini merupakan asal-usul munculnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.
Buku cerita rakyat ini memiliki kalimat-kalimat yang mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun tidak bertele-tele. Buku terbitan CV Pustaka Setia ini juga cocok bagi anak-anak karena sarat akan pesan. Selain itu, sampul buku yang berwarna dan bagus sangat menarik perhatian anak-anak.
Disamping banyak kelebihan, dalam buku ini terdapat beberapa penulisan yang salah dan kalimat-kalimat yang tidak efektif. Selain itu, kertas yang digunakan kurang berkualitas sehingga mudah robek. Penjilidannya pun kurang rapi sehingga banyak halaman yang terlepas. Gambar-gambar pada buku tidak berwarna dan terdapat gambar yang diletakkan pada posisi yang salah.
Yuliadi Soekardi menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam menceritakan kisah ini. Penulis juga dapat mengetahui isi hati tokoh-tokohnya. Oleh karena itu, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu.
Buku ini cocok bagi pelajar terutama mereka yang berada di jenjang pendidikan PAUD, TK, dan SD. Hal ini dikarenakan nak-anak membutuhkan pendidikan karakter untuk membentuk sikap dan sifat mereka. Dengan membaca buku cerita yang sarat pesan, anak-anak diharapkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik.



Backlink:

0 Response to "30 Contoh Resensi Buku Non Fiksi,Fiksi , dan Ilmu Pengetahuan Lengkap"

Posting Komentar